infosawit

Minyak Sawit Memenuhi 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB



Minyak Sawit Memenuhi 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB

InfoSAWIT, JAKARTA – Dalam pertemuan Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Kelapa Sawit (CPOPC) ke 7 di Kuala Lumpur, Selasa (16/7/2019) lalu, yang dihadiri Menteri Industri Primer Malaysia, Teresa Kok; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution; pihak Kolombia diwakili Duta Besar Kolombia untuk Malaysia, Mauricio Gonzalez Lopez, dalam kapasitasnya sebagai negara pengamat, menyambut temuan studi tentang “Rencana Induk untuk Implementasi Strategis SDGs di Sektor Kelapa Sawit tahun 2030”

Dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (16/7/2019), studi ini mengindikasikan bahwa minyak kelapa sawit mampu memenuhi sebagian besar dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB berdasarkan studi kasus yang dilakukan di Indonesia, Malaysia, Thailand, Kolombia dan Nigeria.

Sementara pada masalah tingkat kontaminan 3-MCPDE yang diusulkan oleh Komisi Eropa, para Menteri sepakat bahwa satu tingkat maksimum pada 2,5 ppm untuk semua minyak nabati harus diadopsi, sebagai batas keamanan yang dapat diterima untuk dikonsumsi.

Para Menteri juga sepakat bahwa CPOPC harus terus bekerja pada isu-isu saat ini terkait dengan industri kelapa sawit, seperti permintaan-penawaran, produktivitas, stabilisasi harga, kesejahteraan petani, dan citra positif minyak sawit di sepanjang rantai nilainya.

Pertemuan para menteri Negara Penghasil Minyak Sawit (CPOPC) akan dilanjutkan pada 18 November 2019 mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit