infosawit

Perusahaan Sawit BGA Group Peringati Hari Mangrove Sedunia Bersama Para Pelajar



Perusahaan Sawit BGA Group Peringati Hari Mangrove Sedunia Bersama Para Pelajar

InfoSAWIT, KALTENG – Para pelajar dari Teluk Pulai, Kec Kumai, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah tampak bersemangat memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2019 lalu dengan mengikuti Kegiatan Edukasi Konservasi dan Pembibitan Mangrove yang diadakan oleh tim Tanggung Jawab Perushaaan (CSR) Bumitama Gunajaya Agro (BGA) BGA Group.

Kendati berada di lokasi terpencil lantaran harus melewati transportasi laut untuk menuju ke pusat kota, para siswa dan siswi SD dan SMP Satap Desa Teluk Pulai ini ternyata memiliki kepedulian yang tinggi terhadap ekosistem sekitar pantai dimana dekat sekali dengan tempat tinggal mereka dalam menjalani kehidupan.

Tim CSR BGA Group mengadakan Kegiatan Edukasi Konservasi dan Pembibitan Mangrove untuk para siswa dan siswi sekolah binaan  yang berada di dalam konsesi PT PT Andalan Sukses Makmur (ASMR) salah satu anak usaha BGA Group. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan siswa dan siswi tingkat SD dan SMP. Materi edukasi disampaikan dengan medium pembelajaran langsung bibit mangrove dan alat bantu visual seperti gambar.

Setelah kegiatan pemberian materi mengenai mangrove selesai, acara dilanjutkan dengan edukasi pembibitan mangrove jenis Rhizophora sp. Sejumlah 500 bibit mangrove didonasikan oleh BGA Group sebagai media pembelajaran para siswa di sekolah binaan desa Teluk Pulai untuk pembibitan mangrove. Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan sekolah dan siswa, BGA juga memberikan donasi berupa buku paket dan buku bacaan kepada sekolah, perlengkapan alat tulis.

Sebagai langkah awal, rehabilitasi pantai dilakukan bersama seluruh masyarakat Desa Teluk Pulai  secara bertahap mulai pada 2015 - 2016 dengan pembibitan sebanyak 10.000 pohon, hingga tahun 2018 ini sudah tertanam kurang lebih  15 Ribu pohon.

CSR Department Head BGA Group Agus Wiastono mengungkapkan, perusahaan sangat mendukung upaya rehabilitasi kawasan mangrove Teluk Pulai sejalan dengan program pemerintah daerah sebagai tindakan mencegah terjadinya kerusakan ekologis. “Perusahaan menyediakan lahan untuk rehabilitasi mangrove seluas 160 ha,” ujar Agus dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Kegiatan penanaman mangrove tahap ke-3 ini berlangsung pada 30 April 2018 lalu, diikuti jajaran Muspika Kec Kumai yang di hadiri oleh Sekcam Kecamatan Kumai,   Danramil Kumai, Polsek Kumai, Region Head 3, Staf CSR HO dan Area 5, Staf Sustainability, Staf Kemitraan  serta Warga Desa Sekonyer dan Desa Teluk Pulai serta  karyawan PT ASMR. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit