infosawit

Platform Trase Dorong Transparansi Tata Kelola Sawit di Indonesia



Platform Trase Dorong Transparansi Tata Kelola Sawit di Indonesia

InfoSAWIT, JAKARTA – Peneliti Senior Trase, Romain Pirard dalam Diskusi yang diadakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  mengungkapkan, tudingan deforestasi, rusaknya lahan gambut, kebakaran, bencana asap, perampasan lahan, emisi iklim, dan masih banyak lagi persoalan kerusakan lingkungan yang ditudingkan kepada industri minyak kelapa sawit, ditengarai akan terus berlanjuta, utamanya muncul dari Uni Eropa.

Dalam diskusi tersebut dihadiri tiga Pimpinan KPK, yakni Basaria Panjaitan, Laode M. Syarif dan Saut Situmorang, Romain mengatakan bahwa platform Trase bisa berguna bagi KPK. Beberapa di antaranya, sebagai rujukan untuk menetapkan daerah prioritas (intervensi) KPK terkait pengelolaan alam, menjadi rujukan untuk mengurangi state lost sekaligus optimalisasi pendapatan negara, serta feferensi dalam mengukur penerimaan pajak. “Juga kegiatan penindakan, untuk melakukan penelusuran aktor Beneficial Ownership dalam penyelidikan,” katanya dikutip InfoSAWIT dalam laman resmi KPK.

Sementara dituturkan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang upaya kerjasama tersebut sangat memungkinkan dilakukan, mengingat saat ini KPK memiliki unit kerja yang memfokuskan perbaikan tata kelola pemerintah daerah. “KPK bisa bantu berkoordinasi dengan kementerian lembaga terkait, yang bisa dikerjasamakan melalui Korsupgah,” katanya.

Trase yang bisa diakses melalui https://trase.earth/ merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperjelas pemahaman terkait rantai pasok komoditas pertanian yang berisiko menyebabkan deforestasi. Hal ini meliputi pemetaan rantai pasok minyak sawit di Indonesia yang menggunakan data aliran minyak sawit dari eksportir dan importir di sepanjang alurnya. Platform ini berfokus pada terbentuknya transparansi rantai pasok komoditas khususnya minyak kelapa sawit di Indonesia.

Harapannya, inisiatif ini dapat mendukung pengembangan komoditas berbasis lahan yang berkelanjutan. Dengan memberikan cara pandang yang lebih baik kepada pemerintah,swasta dan masyarakat.

Data Trase mendatang tentang minyak kelapa sawit di Indonesia akan memberikan gambaran umum netral yang dapat diakses mengenai kinerja keseluruhan sektor, dan masing-masing perusahaan, pelaku, yurisdiksi, dan pasar impor yang terlibat, dari tahun ke tahun.

Ini semua akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi risiko dalam rantai pasok dan berinteraksi secara langsung dengan pelaku dagang dan produsen, sebagaimana yang dilakukan platform tersebut terhadap kedelai Brasil dan beragam komoditas lainnya. Dan membantu pihak lain dalam memantau kinerja mereka. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit