infosawit

Sutarmidji Peringatkan Perusahaan Sawit Bakar Lahan Amdal Dicabut



Sutarmidji Peringatkan Perusahaan Sawit Bakar Lahan Amdal Dicabut

InfoSAWIT, PONTIANAK – Pada kegiatan rapat koordinasi pencegahan Kebarakan Hutan dan Lahan (Karhutla), pada Senin (12/8/2019) lalu Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji dalam arahannya menyampaikan, kebakaran lahan dan hutan perlu dilakukan pencegahan secara dini. Termasuk mengajak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memiliki konsesi di Kalbar.

Apalagi terjadinya kebakaran lahan dan hutan bakal berdampak pada isu lingkungan yang akhirnya menyudutkan sektor kelapa sawit. “Harusnya mari bersama-sama biar tidak ada kebakaran lahan khususnya di area yang Bapak Ibu dapat konsesi,” katanya dalam notulensi yang didapat InfoSAWIT, belum lama ini.

Diakui Sutarmidji, upaya pemadaman kebakaran lahan itu butuh biaya yang tidak sedikit, sebab itu dia mengusulkan perusahaan sawit juga melakukan kegiatan tanggung jawab sosialnya bisa membantu dalam upaya pencegahan karhutla.

Bahkan Sutarmidji telah mengamantkan kepada jajarannya untuk memeriksa semua kewajiban perusahaan untuk menyediakan peralatan atau alat pemadaman kebakaran sesuai yang ada di AMDAL. “Kalau tidak ada, sesuai yang kita koordinasikan AMDAL-nya kita cabut,” katanya.

Sutarmidji memastikan arahan ini bukan hanya gertakan saja tetapi akan dilakukannya bila terbukti tidak sesuai di lapangan. “Kita tidak akan gertak. Kita akan betul-betul cabut. Bapak percaya omongan saya. Siapapun yang dihadapkan kepada saya. Kalau saya putuskan cabut, saya pastikan cabut,” tandas dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit