infosawit

Penanaman Modal Asing Uni Eropa di Indonesia Capai US$ 1,8 Miliar



Penanaman Modal Asing Uni Eropa di Indonesia Capai US$ 1,8 Miliar

InfoSAWIT, JAKARTA -  Dalam pertemua media briefing Kamis (5/9/2019) di Jakartadengan dengan Uni Eropa mencatat total perdagangan barang antara Uni Eropa dan Indonesia terus tumbuh dan telah mencapai EUR 26,3 milyar pada tahun 2018, dengan surplus substansial senilai EUR 6,9 milyar bagi pihak Indonesia. Uni Eropa merupakan tujuan ekspor dan sumber impor terbesar ketiga untuk Indonesia.

Arus perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa saling melengkapi dan produk-produk dari Uni Eropa merupakan dukungan penting bagi pembangunan infrastruktur dan industri Indonesia.

Selama bertahun-tahun, Uni Eropa secara konsisten merupakan investor non-Asia utama bagi Indonesia, yakni dengan aliran Penanaman Modal Asing Langsung (FDI) yang mencapai lebih dari US$ 1,8 milyar pada tahun 2018.

Sementara nilai investasi langsung Uni Eropa yang masuk ke Indonesia terus meningkat dan mencapai EUR 33,1 milyar pada tahun 2017. Perusahaan-perusahaan Uni Eropa berinvestasi di sektor-sektor yang menghasilkan produk atau aktivitas bernilai tambah tinggi serta memberi lapangan kerja berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Dikatakan Kuasa Usaha Delegasi Uni Eropa dan Brunai Darussalam, Charles Michel-Geurts, ada sekitar 1.000 perusahaan Eropa yang mempekerjakan kurang lebih 1,1 juta orang Indonesia.

“Perusahaan-perusahaan ini membawa teknologi canggih, sehingga membantu meningkatkan nilai tambah Indonesia dalam rantai nilai industri,” kataya dalam media briefing dengan media yang dihadiri InfoSAWIT, belum lama ini di Jakarta.

Lebih lanjut kata Geurts, perusahaan-perusahaan tersebut juga sangat mementingkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan mendorong praktik bisnis berkelanjutan yang mendukung pertumbuhan inklusif. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit