infosawit

Pastikan Biodiesel Sawit (B30) Layak, BPDP-KS Lakukan Monitoring dan Evaluasi



Pastikan Biodiesel Sawit (B30) Layak, BPDP-KS Lakukan Monitoring dan Evaluasi

InfoSAWIT, BANDUNG - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Badan Litbang ESDM) menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Uji Jalan penggunaan Biodiesel 30% atau B30 pada kendaraan bermotor bersama Dewan Pengawas BPDP KS di Wisma Balitsa yang merupakan salah satu base camp uji jalan B30.

Dikatakan Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Rusman Heriawan, program mandatori B30 adalah salah satu program prioritas pemerintah yang diharapkan dapat menambah penyerapan CPO dalam negeri sekitar 3 Juta Ton per tahun pada 2020.

Hasilnya, penggunaan minyak sawit mentah (CPO) untuk biodiesel dalam negeri pada tahun 2020 bakal meningkat menjadi sekitar 8,4 juta ton atau secara total untuk konsumsi CPO dalam negeri meningkat menjadi sekitar 19 juta ton.

Cara demikian kata Rusman, sekaligus sebagai upaya mengurangi ketergantungan pasar luar negeri terutama ke Eropa. Sebelum diimplementasikan mulai Januari 2020, uji jalan B30 pada kendaraan bermotor yang saat ini sedang dilakukan bertujuan untuk meyakinkan semua pihak terkait keamanan dan kinerja penggunaan campuran biodiesel 30% pada bahan bakar minyak jenis minyak solar.

“Uji jalan atau road test B30 ini telah dirancang dan dilaksanakan dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan melibatkan para pemangku kepentingan terkait, sehingga hasilnya tidak diragukan lagi oleh masyarakat dan industri,” Kata Rusman kepada InfoSAWIT, Senin (9/9/2019) di Bandung.

Tercatat kendaraan yang diikusertakan dalam road test B30 terdapat tujuh merek kendaraan dengan beragam variasi dan kelas kendaraan. Kendaraan penumpang kelas atas menjadi salah satu pilihan, mengingat kendaraan jenis ini memerlukan BBM berkualitas tinggi. Jika uji di kendaraan kelas atas ini lolos, maka implementasi pada kendaraan penumpang kelas menengah/bawah menjadi lebih mudah. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit