infosawit

Bahan Bakar Berbasis Minyak Sawit Layak Gantikan Energi Berbasis Fosil



Bahan Bakar Berbasis Minyak Sawit Layak Gantikan Energi Berbasis Fosil

InfoSAWIT, MALANG – Dalam sebuah seminar yang diadakan di Universitas Brawijaya, Malang, sekitar 300 mahasiswa sangat antusias mengikuti dan menggali informasi seputar energi baru dan terbarukan berbahan baku sawit.

Rizki Pratama (21), mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, menyampaikan, perkembangan energi dunia terus dinamis, sementara cadangan energi fosil kian terbatas dan akhirnya mendorong masyarakat dunia untuk beralih menggunakan energi terbarukan.

“Banyak sektor pertanian penghasil biomassa memiliki potensi tinggi  untuk menjadi energi terbarukan, namun tidak semua komoditas siap menjadi energi terbarukan. Dengan bergulirnya isu keberlanjutan, sawit merupakan salah satu komoditas yang pantas sebagai pengganti energi fossil,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Senin (9/9/2019).

Selain mampu menyerap karbon dioksida dan energi matahari yang disimpan dalam bentuk energi kimia (minyak kelapa sawit), komoditas kelapa sawit dinilai berkesinambungan karena mampu memproduksi selama lebih dari 25 tahun.

Sementara itu Direktur PT Astra Agro Lestari, Hadi Sugeng, yang juga sebagai salah satu pembicara di seminar tersebut mengungkapkan, para peserta acara  telah mengakui bahwa isu-isu yang terjadi di komoditas kelapa sawit adalah tidak sepenuhnya benar. "Saya tidak perlu repot-repot lagi memberikan pembuktian, ternyata rata-rata sudah paham isu sehingga saya hanya menunjukkan evidence saja" tandasnya. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit