infosawit

Faktor SDM dalam Produktivitas Sawit



ilustrasi SDM dan produktivitas sawit
Faktor SDM dalam Produktivitas Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Dalam membangun sebuah perusahaan, modal menjadi hal penting lainnya dalam menunjang supaya perusahaan bisa memperoleh laba, selain didukung kualitas sumber daya manusia-nya.

Modal

Faktor produksi lainnya yaitu modal. Modal merupakan bahan atau peralatan yang digunakan untuk menjalankan proses produksi. Modal berdasarkan sifatnya. dibagi menjadi modal tetap dan modal lancar.

  1. Modal tetap yaitu jenis modal yang digunakan secara berulang-ulang, seperti  alat berat, kenderaan, bangunan,  mesin-mesin, peralatan, barang inventaris kantor, mess dan perumahan dan lain-lain
  2. Modal lancar yaitu modal yang habis digunakan dalam satu kali proses produksi, seperti bahan kimia, pupuk, BBM, peralatan panen, bahan bangunan, bahan penolong, peralatan kerja dan lain-lain.

Sumber Daya Alam

Faktor produksi sumber daya alam adalah faktor penunjang kegiatan produksi yang tersedia di alam.

Faktor tersebut antara lain air, tanah, udara , iklim,  tumbuhan, sinar matahari, hujan dan lain sebagainya.

 

Kewirausahaan (keahlian, ketrampilan)

Faktor kewirausahaan adalah keahlian atau keterampilan yang digunakan seseorang dalam mengkoordinir/mengelola faktor produksi  tenaga keja, modal,   alam dan informasi agar proses produksi TBS dapat berjalan lancar dan terkendali. Berikut  ini beberapa hal pokok yange dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu:

  1. Planning : Memiliki sebuah perencanaan yang matang, penyusunan strategi, visi misi yang jelas, memikirkan modal secara matang, dan menetapkan tujuan yang pasti.
  2. Organizing : Terdiri dari pengelolaan segala sumber daya yang tersedia demi mewujudkan tujuan perusahaan yang jelas dan terstruktur.
  3. Actualing : Berupa pengarahan ataupun bimbingan dan memberikan motivasi kepada para tenaga kerja atau karyawan terhadap bagian pekerjaan masing-masing.
  4. Controling : Melakukan pengawasan untuk kesesuaian terhadap pekerjaan pada bagiannya

Sumber daya Informasi

Dengan semakin pentingnya peran informasi di era globalisasi saat ini, beberapa ahli berpendapat untuk memasukkan sumber daya informasi dalam faktor produksi TBS. Sumber daya informasi tersebut adalah seluruh data yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Data ini bisa berupa ramalan kondisi pasar, pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan, dan data-data ekonomi lainnya.

Bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit besar,  faktor-faktor produksi  tersebut mungkin tidak menjadi  masalah (tersedia), tetapi  hal itu tidak berlaku bagi petani kelapa sawit. Masalah utama petani kelapa sawit adalah  modal, kewirausahaan dan sumber daya informasi. Untuk diharapkan bantuan dari perbankan dan dukungan dari pemerintah,  agar produktivitas petani kelapa sawit bisa meningkat.

Secara lebih spesifik peningkatan produktivitas tanaman dapat dicapai  melalui  penerapan metode Good Management Practice (GMP)  dengan memerhatikan aspek bahan tanaman (bahan tanaman unggul), kultur teknis, replanting dan tenaga kerja (SDM).  (Penulis: Maruli Pardamean/Penulis Buku, Praktisi Perkebunan Kelapa Sawit)

Terbit Edisi Cetak Majalah InfoSAWIT Edisi Feb 2018


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit