infosawit

BERSAMA MEMBANGUN MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN



BERSAMA  MEMBANGUN MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN

Minyak sawit berkelanjutan, menjadi paradigma bersama guna menyamakan persepsi akan besarnya kebutuhan minyak makanan dan non makanan bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Dimana, keberadaan minyak sawit bersertifikasi berkelanjutan sangat dibutuhkan, guna mengembangkan industri terbarukan dan ramah lingkungan.

Sebagai produsen terbesar minyak sawit mentah (CPO), Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang juga memiliki perkebunan kelapa sawit terluas di dunia. Lantaran, hampir seluruh pulau-pulau besar di Indonesia, memiliki perkebunan kelapa sawit yang besar dan berpotensi memiliki kemampuan berproduksi menjadi lebih baik.

Atas dasar itulah, maka Pemerintah menginisiasi adanya Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), sebagai sertifikasi berkelanjutan yang wajib dilakukan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Indonesia. ISPO merupakan sertifikasi berkelanjutan yang secara mandatori (wajib) dilakukan semua operasi perkebunan kelapa sawit di Indonesia, termasuk petani kelapa sawit. Sedang International Sustainable Carbon Certification (ISCC) bersifat sukarela guna memasok kebutuhan bioenergi ke Uni Eropa (Jerman).

Demikian pula dengan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang merupakan sertifikasi bersifat sukarela, yang dikembangkan para pelaku dunia usaha, untuk membuktikan produksi minyak sawit mampu berkelanjutan di dunia.

Tak hanya mengembangkan bisnis minyak sawit semata, namun keberadaan industri minyak sawit, menjadi bagian pula dari pembangunan nasional yang berkelanjutan, d . . . 

 


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit