infosawit

Tak Hanya Dari Sektor Sawit, Anggota RKPC Lakukan Pelatihan P3K



Tak Hanya Dari Sektor Sawit, Anggota RKPC Lakukan Pelatihan P3K

InfoSAWIT, PEKANBARU – Pada Kamis (12/9/2019) kemarin anggota Riau dan Kepulauan Planters Club (RKPC) melakukan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di lingkup tempat bekerja.

Dikatakan ketua RKPC, Slamet Riyadi, peserta pelatihan tersebut untuk training di lingkup PT. Tri bakti Sarimas- Kuansing, dimana selaku tutor ialah Bobby Ariandi yang juga merupakan anggota RKPC.

Lebih lanjut kata Slamet, pelatihan diikuti peserta/Staf  dari berbagai departemen komoditi kelapa sawit, kelapa hibrida juga dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS), Peternakan dan dari Unit Transportasi. “Harapannya pelatihan-pelatihan seperti ini bisa dilakukan terus menerus bahkan melibatkan seluruh anggota RKPC dari berbagai perusahaan,” katanya kepada InfoSAWIT, Kamis (12/9/2019).

Rencananya kegiatan serupa akan dilakukan lebih sering dengan harapan bisa memajukan dan menambah pengetahuan bagi seluruh anggota RKPC. Sekadar infromasi, pelatihan ini sesuai dengan regulasi Permenaker No:PER.15/MEN/VIII/2008 yang selanjutnya disebut dengan P3K di tempat kerja, adalah upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja, buruh dan atau orang lain yang berada di tempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera.

Maka dari itu Untuk penerapan K3 di perusahaan atau dilingkungan kerja perlu adanya Pelatihan Petugas P3K agar tidak terjadi kecelakaan yang merugikan semua pihak dan sebagai bentuk apresiasi terhadap pelaksanan zero accident.

“Penerapan K3 adalah hak dasar perlindungan bagi tenaga kerja. Setiap pekerja wajib mendapat perlindungan dari resiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang dapat terjad,” katanya.

Dengan diselenggarakannya Pelatihan Petugas P3K diharapkan adanya peningkatan pemahaman dalam melakukan tindakan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) sehingga tingkat kecelakaan kerja yang menyebabkan penderita mengalami penurunan kualitas kerja untuk sementara waktu ataupun terjadinya cacat permanen dapat dikurangi. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit