infosawit

Perusahaan Sawit PT MNS Beri Bantuan Alat Damkar ke 7 Desa di Ketungau Hulu dan Tengah



Perusahaan Sawit PT MNS Beri Bantuan Alat Damkar ke 7 Desa di Ketungau Hulu dan Tengah

InfoSAWIT, SINTANG - Setelah sebelumnya menyerahkan bantuan alat pemadam kebakaran hutan dan lahan (Damkarhutla) kepada 17 desa di Kecamatan Sepauk, hari ini anak perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Dharma Satya Nusantara (DSN Group) lainnya PT Mitra Nusa Sarana (MNS) kembali menyerahkan bantuan alat Damkarhutla kepada 7 desa di Kecamatan Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang.

Ketujuh desa di Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah yang memperoleh bantuan tersebut adalah Desa Sungai Bugau, Desa Nanga Bugau, Desa Sekaih, Desa Mungguk Entawak, Desa Empura, Desa Suak Medang dan Desa Kubu Berangan.

Penyerahan alat tersebut berlangsung hari Sabtu, 14 September 2019, bertempat di Gedung Pertemuan Desa Mungguk Entawak, Kecamatan Ketungau Hulu. Hadir dalam acara itu pejabat dari Kecamatan Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu, Kapolsek Ketungau Tengah, Kapolsek Ketungau Hulu diwakili Kanit Reskrim, Danramil Ketungau Hulu, Danramil Ketungau Tengah, para kepala desa, kepala dusun dan kepala adat serta manajemen PT MNS.

Bantuan alat pemadam karhutla yang diserahkan tersebut berupa  tandon air, selang keluar, selang hisap, pompa jinjing, helm, kacamata googles, kaos seragam damkar, sepatu boot, lampu kepala, masker, nozzle, sekop, kampak dan alat komunikasi handy talky.

Camat Ketungau Tengah, Dakun, menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan satgas damkar yg pernah dilakukan pada tahun 2018 lalu.

Sementara Danramil Ketungau Hulu, Mayor Inf. A. Marpaung, juga memberikan apresiasi yg tinggi karena di wilayah Ketungau Hulu baru MNS yg mau memberikan bantuan alat damkar. "Harapan kami tahun depan ada juga bantuan damkar untuk kecamatan," katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Hal senada disampaikan Kapolsek Ketungau Tengah, Bapak Iptu Raharja yang memberi apresiasi kepada PT MNS mengenai kepedulian dan tanggung jawab terhadap karhutla, dengan bukti adanya pelaporan yg rutin dan adanya pemberian alat damkar tersebut.

Kepala Desa Empura, Bapak Albakni, menyambut sangat baik bantuan yang diberikan, dan memberi apresiasi karena perusahaan mau bekerja sama dengan desa dalam penanganan karhutla.

Sementara manajemen PT MNS yang diwakili Plantation Head, Parama Wisnu mengungkapkan, penyerahan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya perusahaan bekerja sama dengan masyarakat desa dalam mengantisipasi karhutla.

"Selama ini kerjasama kami dan masyarakat desa sudah terjalin sangat baik. Dengan sinergi antara perusahaan dan masyarakat desa ini kami harapkan dapat mengatasi ancaman karhutla di daerah ini," katanya.

Sebelumnya pada hari Jumat kemarin, anak perusahaan DSN Group lainnya juga menyerahkan bantuan kepada 17 desa binaan yang berada di Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang.

Bantuan untuk desa di Kecamatan Sepauk diberikan oleh PT Kencana Alam Permai, PT Prima Sawit Andalan dan PT Dharma Persada Sejahtera yang berlangsung di halaman Mapolres Setauk, kepada 17 desa binaan, yang dihadiri oleh para kepala desa dan perwakilannya, Kapolsek dan unsur Muspika setempat.

Pimpinan DSN Group wilayah Kalbar Jonner Silaen, mengatakan bantuan ini merupakan  bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan dalam mengatasi Karhutla di wilayah kabupaten Sintang.

"Kami harapkan bantuan ini dapat mengurangi dampak yang terjadi apabila terdapat Karhutla yang tidak direncanakan. Kami akan selalu berkoordinasi dengan masyarakat untuk mencegah terjadinya Karhutla," katanya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit