infosawit

Lima Rekomendasi Petani Sawit di Forum Deklarasi Amsterdam



Lima Rekomendasi Petani Sawit di Forum Deklarasi Amsterdam

InfoSAWIT, ULTRECHT -  Pada kesempatan rapat rutin Forum Deklarasi Amsterdam, yang diadakan di Kota Ultrecht, Belanda,  Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Mansuetus Darto, menyampaikan kondisi riil petani kelapa sawit di Indonesia.

Sekaligus mengajak  para negara-negra pembeli minyak sawit yang ada di kawasan Uni Eropa bisa berperan secara nyata dalam peningkatan kapasitas dan pemberdayaan petani kelapa sawit di Indonesia.

Dalam paparannya Darto, mejelaskan jika petani sawit indonesia kebanyakan memiliki luasan antara 1-4 ha, tinggal di pedesaan atau sekitar kebun, dengan memperoleh  pendapatan dari berkebun sawit dan pekerjaan pokoknya adalah bertani. Semua pengerjaan kebun dilakukan sendiri. “Lantas mayoritas petani tidak memiliki lahan pangan dan tidak memiliki legalitas lahan seperti sertifikat dan hanya sebagian kecil dalam kawasan hutan dan gambut, petani sawit saat ini penjualan TBSnya banyak lewat tengkulak dengan harga murah meskipun itu pabrik dekat dengan kebun petani,” catat Darto dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Dalam forum yang dihadiri perwakilan dari negara-negara Uni Eropa, pembeli minyak sawit di Uni Eropa, Pemerintah Belanda, Perwakilan NGOS Internasional dan Indonesia, Pemerintah Indonesia, SPKS juga memaparkan lima rekomendasi kepada para pembeli minyak sawit, pertama, selama ini baru melibatkan pembeli sawit/bayers bekerja pada level treceability bukan pada pemberdayaan petani sehingga pembeli sawit wajib untuk mengikuti Road map petani sawit swadaya guna pemberdayaan petani sawit pada setiap inisiatifnya di Indonesia, dimana pemberdayaan petani sawit mestinya harus dimulai.

Kedua, lantaran platform pembeli minyak sawit/buyers yang selama ini berupaya untuk mewujudkan komitment sustainability, belum dirasakan petani kecil yang legal di Indonesia dan belum menyentuh ke perbaikan harga. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Cetak Edisi Juni 2019

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit