infosawit

Harga Rata-rata Minyak Sawit (CPO) Agustus US$ 541/ton



Harga Rata-rata Minyak Sawit (CPO) Agustus US$ 541/ton

InfoSAWIT, JAKARTA -  Merujuk informasi dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), harga rata-rata CPO CIF Rotterdam bulan Agustus mencapai US$ 541 per metrik ton yang merupakan rata-rata bulanan tertinggi sejak Maret 2019.

Namun, harga minyak sawit masih menunjukkan tren yang menurun sejak Januari 2017. Tren menurun yang sudah cukup panjang cukup merisaukan produsen. Perang dagang Amerika Serikat dan China menyebabkan stok kedelai di Amerika meningkat, petani serta pemerintah Amerika berusaha mencari pasar pengganti China sementara produsen minyak sawit, karena sifat alami tanaman tahunan, tidak mampu menahan produksinya dan harus menjual ke pasar.

“Terobosan yang akan diambil pemerintah Amerika Serikat untuk mengurangi stok kedelai, keberhasilan China untuk menangani masalah flu babi Afrika dan melonjaknya harga daging babi serta implementasi B20 dan B30 di Indonesia akan sangat menentukan keseimbangan minyak nabati yang pada akhirnya menentukan perubahan harga minyak sawit ke depan,” catat Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (17/9/2019).

Terlepas dari ramalan harga minyak sawit, pengalaman yang lalu mendesak Indonesia untuk segera meningkatkan produktivitas, melakukan efisiensi produksi agar biaya produksinya menjadi kompetitif. Indonesia perlu segera merumuskan mekanisme yang memungkinkan pengaturan stok dan pasokan ke pasar dunia agar dapat lebih menentukan harga yang terbentuk di pasar. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit