infosawit

Produksi Minyak Sawit Juli 2019 Naik 8%, Ekspor CPO Ke India Naik 77%



Produksi Minyak Sawit Juli 2019 Naik 8%, Ekspor CPO Ke India Naik 77%

InfoSAWIT, JAKARTA - Produksi minyak sawit Indonesia di bulan Juli naik 8% dibandingkan produksi bulan Juni. Hal ini terjadi karena pada bulan Juni terjadi kekurangan hari panen karena lebaran sehingga TBSnya terpanen di bulan Juli.

Sementara volume ekspor produk minyak sawit bulan Juli naik 16% dibandingkan ekspor Juni. Kenaikan ekspor tercatat pada produki biodiesel (+93%), CPO (+52%), lauric oil (+23%), refined palm oil (+6%), sedangkan ekspor oleokimia turun (-18%).

“Penyakit flu babi Afrika, menurunkan crushing kedelai di China yang berdampak pada peningkatan impor minyak sawit dari Indonesia hampir 50% dari bulan Juni,” catat Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Mukti Sardjono, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (17/9/2019).

Sedangkan untuk ekspor minyak sawit (CPO) tercatat terjadi peningkatan untuk pangsa pasar ekspor di Bangladesh melonjak 264%), demikian pula India tercatat naik 77% kedati pada kegiatan ekspor ke negeri Bollywood tersebut ada diskriminasi tarif.

Selanjutnya Afrika  melonjak 32% dan negara lain meningkat 41%, sementara ekspor ke  EU tercatat meningkat 17%,sedangkan ekspor ke Amerika Serikat turun (-54%) dan ke Timur tengah juga turun (-43%).

Secara total, ekspor bulan Juli naik 16% dari ekspor bulan Juni. Ekspor biodiesel mencapai 187 ribu ton dan sekitar 140 ribu ton (75%) diekspor ke China sementara ekspor eleokimia mengalami penurunan 8% dari ekspor bulan Juni. Konsumsi lokal minyak sawit untuk keperluan pangan pada bulan Juli menurun 6%.

“Hal ini disebabkan pada bulan Mei industri menyiapkan stok produk untuk lebaran yang jatuh pada awal Juni sehingga pemakaian minyak sawit untuk pangan pada bulan Mei tinggi (955 ribu ton). Pada bulan Juli, industri pangan cenderung mengeluarkan stok kelebihan produksi yang dipersiapkan untuk lebaran,” catat Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (17/9/2019).

Lantas, konsumsi minyak sawit untuk oleokimia meningkat 6% dibandingkan dengan bulan Juni tetapi relatif sama dengan bulan Mei. Dengan situasi produksi dan konsumsi tersebut, stok minyak sawit Indonesia pada bulan Juli menjadi 3,5 juta ton atau sekitar 2,7 kali konsumsi lokal bulanan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit