infosawit

Perkebunan Kelapa Sawit DSN Group Kaltim Gelar Siaga Karhutla



Perkebunan Kelapa Sawit DSN Group Kaltim Gelar Siaga Karhutla

InfoSAWIT, MUARA WAHAU – Perusahaan perkebunan Kelapa sawit, PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group) mengikuti apel kesiapsiagaan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) bekerja sama dengan Polres, Dandim dan Muspika di 3 kecamatan yakni Muara Wahau, Kombeng dan Telen, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap pencegahan Karhutla.

Apel kesiapsiagaan tersebut diselenggarakan oleh Polres Kutai Timur pada Kamis, 19 September 2019, bertempat di Desa Karya Bhakti, Muara Wahau, yang juga melibatkan jajaran Muspika dan perusahaan perkebunan yang ada di tiga kecamatan tersebut.

Bersamaan dengan apel kesiapsiagaan tersebut, DSN Group juga memberikan bantuan masker gratis untuk warga yang diserahkan melalui bapak Kapolres dan diterima oleh Muspika di tiga kecamatan. Selanjutnya bersama Muspika, karyawan DSN membagikan masker tersebut ke warga di beberapa titik keramaian.

Ketua Tim Kesiapan dan Tanggap Darurat Area 1 DSN Group, Kokok Budianto, mengatakan selama ini DSN Group  bersama pihak kepolisian dan Muspika kecamatan Muara Wahau dan Kombeng telah bekerja sama bahu membahu melakukan upaya upaya pencegahan Karhutla secara maksimal.

“Program-program pencegahan Karhutla sudah kami lakukan bekerja sama dengan Polres, Polsek dan muspika setempat, seperti program sosialisasi, edukasi, social visit langsung ke ladang-ladang masyarakat dan juga patproli bersama,” kata Kokok Budianto dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (20/9/2019).

Menurut Kokok, sejak Maret 2019 ketika musim kemarau mulai datang, DSN Group telah melakukan sosialisasi bahaya kebakaran di 7 desa dan 2 dusun binaan, dengan menggandeng Muspika setempat. DSN juga menggandeng koperasi mitra yang jumlahnya mencapai 23 koperasi untuk melakukan sosialisasi bahaya kebakaran.

“Sampai sekarang kegiatan sosialisasi tersebut masih dilakukan secara door to door ke tokoh masyarakat dan pemilik ladang. Selain itu, untuk penguatan kapasitas tim Damkarhutla desa, perusahaan juga telah melakukan simulasi lapangan untuk penangangan dan pencegahan apabila terjadi kebakaran lahan,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MHi dalam sambutan dalam gelar apel kesiapsiagaan tersebut menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan atau hutan di wilayah Kutai Timur mengingat kondisi saat ini musim kemarau yang sangat panjang.

Kapolres juga memberikan apresiasi kepada semua pihak, seperti aparat TNI, Polri sebagai penegak hukum serta muspika bersama perusahaan yang selama ini telah bahu-membahu mencegah kebakaran hutan dan lahan.  

“Kerjasama yang baik dan kompak dari segenap stake holder  ini agar terus dikembangkan sampai tingkat operasional di desa desa. Kami mendorong keterlibatan sebanyak mungkin elemen yang ada di desa dengan mengaktifkan kembali team Damkarhutla, masyarakat peduli api yang pernah dibentuk di setiap desa supaya kebakaran benar benar dapat diminimalisir,” kata Kapolres.

Kapolres akan juga mengingatkan akan menindak tegas kepada para pembakar lahan atau hutan di wilayah Kutai Timur tanpa pandang bulu, baik yang dilakukan oleh warga, kelompok masyarakat maupun oleh Perusahaan.

Pada tahun-tahun sebelumnya DSN Group juga telah memberikan bantuan seperangkat alat pemadam kebakaran kepada desa desa binaan (Bea Nehas, Diak Lay, Deabeq, Muara Wahau, Nehas Liah Bing dan Miau Baru) berupa pompa robin dan perlengkapannya dan memberikan pelatihan untuk tim Damkarhutla desa tersebut. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit