infosawit

GAPKI Kaltim Aktif Ikut Apel Gabungan Kesiapsiagaan Karhutla



GAPKI Kaltim Aktif Ikut Apel Gabungan Kesiapsiagaan Karhutla

InfoSAWIT, KUTAI TIMUR - Dalam apel Gabungan Kesiapsiagaan Karhutla yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Desa karya Bhakti Kec. Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Cabang Kalimantan Timur ikut mendukung dan memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan terjadinya kebakarakan hutan dan lahan.

Pada kesempatan itu, GAPKI Kaltim bersama Kapolres & Wakapolres Kutai Timur, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur serta melibatkan seluruh elemen masyarakat, bersinergi dan berupaya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu pihak kecamatan Kongbeng dihadiri Camat Kongbeng (H. Furkani S, Sos) beserta jajaran, Pihak Kecamatan Muara Wahau dihadiri oleh Ibu Sekcam Muara Wahau (Ibu Miranti) dan dari kecamatan Telen dihadiri oleh Sekcam Telen (bpk Petrus Ivung), Perwakilan Organisasi Pemuda, Polsek Muara Wahau, Polsek Kongbeng, Koramil Muara Wahau, perwakilan perusahaan sekitar kecamatan Muara Wahau, Kongbeng dan Telen.

Sementara perusahaan perkebunan anggota GAPKI Kaltim turut pula mendukung dan hadir diantaranya,  DSN Group, Sinar Mas Agri, Sinar Mas Forestry (HTI), Astra Group, PT. EMAS, PT. NAS, Tim Damkar Kecamatan Kongbeng dan Tim Damkar Kecamatan Muara Wahau.

Dalam sambutannya Kapolres Kutai Timur, AKBP. Teddy Ristiawan menegaskan, bahwa kejadian kebakaran hutan dan lahan di Indonesia tahun 2019 sampai dengan hari ini telah membawa 10 korban meninggal dunia akibat  Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Serta telah mengganggu aktifitas penerbangan diwilayah Propinsi Kalimantan Timur dengan penutupan dua bandara yaitu bandara Kalimarau Berau dan bandara APT. Pranoto di Samarinda. “Polri akan bertindak tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan baik perorangan dan korporasi yang dengan sengaja menyebabkan kebakaran hutan dan lahan,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT belum lama ini.

Dalam kesempatan apel siaga karhutla tersebut diberikan pula bantuan dari management Sinar Mas Agri kepada Polsek Kongbeng dan Polsek Muara Wahau berupa tandon air dan jet shutter yang diserahkan langsung oleh Pjs. Regional Controller Kaltim I, H. Hamdan Erhan dan Regional Controller Kaltim II, H. Waloya.

Pada apel kesiapsiagaan tersebut dilakukan juga  simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dengan menggunakan alat pemadam sederhana berupa karung goni basah dan alat pemadam api ringan, dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan 49 personil dari tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Sinar Mas Agribusiness and Food yang berkolaborasi dengan staff kecamatan Muara Wahau, Polsek Kongbeng, Polsek Muara Wahau dan Tim dari Koramil Muara Wahau. (T2)

 

 

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit