infosawit

Perusahaan Sawit BGA Group Lakukan Pendampingan SD Negeri di Kalbar



Perusahaan Sawit BGA Group Lakukan Pendampingan SD Negeri di Kalbar

InfoSAWIT, JAKARTA – Sesuai dengan tema Kemerdekaan Tahun 2019 yakni SDM Unggul Indonesia Maju, menjadi penting dalam upaya peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM). Sebab itu pendidikan menjadi salah satu sarana guna meningkatkan SDM secara formal. Melalui pendidikan inilah diharapkan dapat menciptakan para pemimpin dan generasi penerus bangsa yang handal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit, Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group, melalui program sekolah binaan berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumberdaya Masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan di sekolah yang berada di lingkungan terdekat perusahaan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit dan untuk menghadirkan keberhasilan pendidikan yang lebih menyeluruh, Yayasan Bumitama ambil bagian dalam membina Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kalteng) dan Kecamatan Kendawangan (Kalbar). Pembinaan ini dimulai dengan pendampingan untuk menjadi sekolah adiwiyata.

Program ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan perkebunan kelapa sawit kepada sekolah-sekolah eksternal di sekitar wilayah operasional, disamping pembinaan langsung yang dilakukan kepada SD binaan yang berada di komplek BGA Group.

Tujuannya adalah maju bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Program yang dimulai sejak tahun 2017 lalu ini merupakan salah satu program yang dijalankan BGA Group sebagai upaya membangun stabilitas sosial di sekitar kebun.

Kemudian, untuk SDN yang berdekatan dengan BGA Group di wilayah Kalteng, berbagi program kegiatan dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan.  Untuk PT BGB (wilayah 5B), Yayasan Bumitama mulai ikut memberikan program pembinaan kepada SDN setempat pada tahun 2017, walaupun CSR PT BGB dari sejak berdiri banyak memberikan program pembinaan masyarakat, akan tetapi saat ini lebih difokuskan kepada Program Adiwiyata melalui Yayasan Bumitama.

Dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini, Sekolah Bumitama adalah satu-satunya sekolah yang berpredikat sebagai Sekolah Adiwiyata di Kecamatan Kotawaringin Lama, sehingga SDS Bumitama harus merangkul sekolah lain untuk menjadikan sekolahnya berprogram adiwiyata. Untuk SD Negeri di Kotawaringin Lama yang ditunjuk sebagai sekolah imbas SDS Bumitama, yaitu SD N 1 Sukajaya dan SD N 1 Kotawaringin Hulu  SDN ini memberikan  antusias mengikuti program Adiwiyata dan siap bergerak untuk memenuhi kriterianya. 

Tahapan pertama program ini adalah melaksanakan pemetaan sekolah (pemilihan sekolah yang ditunjuk), berkoordinasi dengan ke Kepala Cabang Dinas Pendidikan setempat untuk rencana program pendampingan, kemudian terakhir melakukan kesepakatan kerjsama resmi dengan penandatanganan MOU.

Untuk di Kalbar, Pembinaan sekolah eksternal yang dilakukan yaitu; dibidang standar proses, dengan mengirimkan staf pengajar Yayasan Bumitama ke sekolah eksternal membantu peningkatan kegiatan belajar mengajar. Sebelumnya Program CSR di Kalbar juga sudah sejak dimulai 2010. Namun agar lebih efektif kini dilaksanakan oleh Yayasan Bumitama.

Keberhasilan yang mulai tampak adalah di SDN 35 Karat, SDN 16 Kendawangan dan SMPN 11 Kendawangan yaitu menurunnya angka putus sekolah. Kegiatan KBM dapat dilaksanakan dengan lancar, apalagi untuk SDN 16 Kendawangan semua gurunya adalah guru dari Yayasan Bumitama.

Tantangan yang dihadapi Yayasan Bumitama kedepan adalah bagaimana menggerakkan rasa empati terhadap lingkungan dengan pembiasaan sederhana, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini bukan hal yang mudah, buat yang terbiasa sembrono, mebiasakan senyum, sapa, salam ke semua orang yang ditemui juga bukan perkara mudah, guru harus rajin memeberi contoh, tiap anak anak datang, disambut dengan senyuman guru, sapaan lembut guru dan salam hangat dari gurunya. hal ini juga tidak sekedar mengedukasi siswa tapi juga mengedukasi edukator (guru, yang belum terbiasa). (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit