infosawit

Evaluasi Indeks K Tinggi, Walau Harga TBS Sawit Naik tak Bisa Dirasakan Petani



Evaluasi Indeks K Tinggi, Walau Harga TBS Sawit Naik tak Bisa Dirasakan Petani

InfoSAWIT, JAKARTA – Beberapa bulan ini tercatat harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit naik dibeberapa provinsi sentra kebun sawit walaupun kenaikannya juga tidak terlalu signifikan, tetapi menjadi angin segar bagi petani kelapa sawit.

Tapi sayangnya tatkala harga TBS Sawit naik justru Indeks K -sebagai salah satu indikator perhitungan TBS- tercatat juga tinggi, kondisi demikian mengakibatkan kenaikan harga TBS sawit tersebut tidak dirasakan oleh petani kelapa sawit di lapangan.

Manager Organisasi dan Anggota Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), meminta Direktorat Jenderal Perkebunan untuk tidak menutup mata dengan kondisi tersebut. “Apalagi perkembangan harga TBS Sawit di setiap provinsi diketahui oleh Dirjenbun harusnya Indeks K tinggi di evaluasi karena ini sangat merugikan petani,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lanjut kata Sabarudin, bila harga TBS sawit rendah pasti berdampak luar biasa bagi petani. Kondisi ini memaksa petani untuk melakukan perawatan kebun semampunya, bahkan ada yang mulai tidak melakukan pemupukan, lantaran ketiadaan dana untuk membelinya. “Kalau sudah begini maka cita-cita pemerintan untuk mewujudkan perkebunan berkelanjutan melalui roadmap dan lainnya dipastikan tidak akan terwujud,” katanya.

Sementara dituturkan Ketua SPKS Wilayah Kabupaten Paser, Iwan Himawan, Tim Penetapan Harga TBS Sawit Provinsi harus kuat, artinya pelibatan unsur ditingkat kabupaten harus berjalan mulai dari input data dari pabrik sampai dengan pengawasannya. “Jangan sampai data yang diserahkan pabrik itu asalan dan data fiktif,” katanya.

Lebih lanjut kata Iwan, khusus untuk Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) perlu dilakukan rapat berjenjang dulu, disetiap kabupaten yang ada komoditas sawitnya, dinas pertanian atau yang membidangi perlu diberdayakan atau di tugaskan untuk itu, jangan langsung dilakukan rapat di provinsi.

Sejatinya, regulasi atau peraturan terkait harga TBS Sawit perlu di tinjau ulang, karena tidak secara tegas memuat aturan tentang sanksi apabila pabrik/perusahaan tidak mengikuti harga yang di tetapkan. Selain itu perlu juga rayonisasi harga tbs di tingkat kabupaten. “Perlu di cek kembali dengan benar komponen-komponen Indeks K itu, demi keadilan buat petani sawit,” tandas dia kepada InfoSAWIT. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit