infosawit

Petani Sawit Apresiasi Pembeli Minyak Sawit Berkelanjutan



Petani Sawit Apresiasi Pembeli Minyak Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, BANGKOK – Ada yang berbeda dalam gelaran 17th Annual Meeting Roundtable on Sustainable Palm Oil (RT 17), di Bangkok, Thailand. Lantaran sejumlah petani kelapa sawit swadaya yang telah memperoleh sertifikat minyak sawit berkelanjutan memberikan apresiasi terhadap perusahaan konsumen pembeli minyak sawit mereka.

Tercatat 14 pabrik, pengolah, dan pembeli kelapa sawit diberikan penghargaan. Para pembeli yang mendapatkan penghargaan ini adalah BASF SE, Bayer AG, Felleskjopet Agri SA, Henkel, Johnson & Johnson, L’Oreal, PepsiCo, Rewe Group, dan Unilever.

Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Fortasbi), mewakili lebih dari 7.000 petani swadaya yang telah tersertifikasi juga memberikan piagam penghargaan kepada pabrik dan perusahaan pengolah kelapa sawit berikut ini: PT Bumitama Gunajaya Agro, PT Inti Indosawit Subur, PT Musim Mas, PT Perkebunan Nusantara III, dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk.

“Dukungan nyata dari perusahaan-perusahaan ini membuktikan kepada kami bahwa mereka menghargai peran petani swadaya dalam industri kelapa sawit di Indonesia,” kata Ketua Fortasbi, H. Narno,  dalam acara malam penghargaan bertemakan “Menghubungkan Petani Swadaya dengan Pasar” yang dihadiri InfoSAWIT, Senin (4/11/2019) di Bangkok.

Dukungan ini terwujud dalam berbagai bentuk, mulai dari pelatihan untuk membantu petani swadaya menerapkan praktik-praktik yang sesuai dengan standar keberlanjutan hingga membantu mereka mendapatkan sertifikasi keberlanjutan. Para anggota Fortasbi juga telah memperoleh sejumlah EUR 900.000 pada tahun 2018 dan 2019 dari perusahanperusahaan yang membeli kredit petani RSPO yang mereka hasilkan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit