infosawit

Integrasi Sawit – Sapi Jadi Salah Satu Upaya Tingkatkan Populasi Sapi di Indonesia



Integrasi Sawit – Sapi Jadi Salah Satu Upaya Tingkatkan Populasi Sapi di Indonesia

InfoSAWIT, JAKARTA –Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan, Kuntoro Boga Andri, menyampaikan pesan dari Menteri Prertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bahwa, Salah satu upaya meningkatkan populasi sapi di Indonesia bisa dilakukan dengan mengembangkan sistem integrasi dengan sawit. 

Apalagi, hingga saat ini lahan sawit untuk integrasi dengan pengembangan sapi itu baru difungsikan sekitar 0,9 persen, padahal potensi lahan sawit kita untuk pengembalaan sapi sangat luar biasa.

“Jika kita bisa isi 20 persen darilahan sawit yang ada,  maka akan selesai semua masalah daging sapi  kita. Dalam waktu singkat kementan akan melakukan kontak dengan para pimpinan daerah, bupati,  gubernur dan mantan-mantan gubernurnya untuk dijadikan advisor dalam mensukseskan program integrasi sawit-sapi ini,” tutur Kuntoro dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Senin (4/11/2019).

Lebih lanjut kata Kuntoro menyampaikan bahwa Mentan SYL menegaskan bahwa membangun pertanian khususnya mewujudkan swasembada daging sapi adalah tanggung bersama. Tanggung jawab gubernur, bupati dan semua pemerintah daerah dan para pelaku usaha, sehingga semuanya harus bersinergi.

“Oleh karena itu, diplomasi pertanian sangat penting dengan eksternal kementan. Koordinasi dengan swasta, pemerintah daerah dan stakeholder lain sangat penting. Untuk kepetingan rakyat harus bisa bekerjasama dan berkoordinasi di lapangan,” jelasnya.

Terakhir, kata Kuntoro, Mentan Syahrul juga  mengingatkan bahwa  swasembada pangan khususnya daging dapat diwujudkan juga dengan berorientasi bisnis dan harus memikirkan pasar.

“Selama ini swasembada sulit dicapai atau tidak jalan karena tidak memikirkan pasar. Kita sering hanya memikirkan budidaya atau onfarm-nya saja tanpa memikirkan bisnisnya” tandas Kuntoro. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit