infosawit

Petani Sawit Harapkan Bantuan Pupuk



Petani Sawit Harapkan Bantuan Pupuk

BATANG CENAKU – Petani kelapa sawit di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, berharap adanya pemberian pupuk dari pemerintah setempat. Pasalnya hasil panen tandan buah segar (TBS) mereka berkurang karena bajir beberapa waktu lalu merendam perkebunan sawit.

“Sudah dua pekan lebih pasca banjir, belum ada peningkatan hasil panen TBS. Sebab, banjir yang merendam kebun kami tidak saja mengakibatkan buah busuk, tetapi bunga sawit juga ikut membusuk,’’ ujar salah seorang petani kepala sawit di Kecamatan Batang Cenaku, Syamsurizal (31).

Menurutnya, sebagaimana dilansir Riau Pos, Minggu (28/12/2014), sebelum terendam banjir, hasil panen untuk lahan seluar 1 kapling mencapai hampir sekitar 2 ton. Namun setelah terendam banjir, hasil panen menjadi berkurang menjadi sekitar 800 kilogram.   Dirinya bersama petani lainnya, belum mengetahui solusi yang tepat agar mempercepat sawit kembali berbuah. “Saya untung saja hanya bagian yang lahan rendah terendam banjir. Karena sebagian petani kelapa sawit lainnya ada yang terencam seluruhnya,’’ tuturnya.

Untuk itu harapnya, dengan kondisi ini hendaknya ada bantuan berupa pupuk dari pemerintah kabupaten. Dengan harapan, kelapa sawit yang ada kembali pulih seperti semula. “Akibat terendam itu, hanya mengganggu produksi saja,’’ ujarnya. (T3)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit