infosawit

Indonesia Urutan Kelima Eksportir Biofuel di Dunia



Indonesia Urutan Kelima Eksportir Biofuel di Dunia

InfoSAWIT, JAKARTA - Hingga saat ini komoditas minyak sawit kerap menghadapi tantangan di dunia, baik berupa hambatan regulasi maupun hambatan perdagangan. Utamanya hambatan itu muncul dari negara-negara maju yang juga sebagai konsumen minyak sawit, seperti dari Uni Eropa.

Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan, Amalia Adininggar Widyasanti mengungkapkan, Uni Eropa sejatinya setiap tahun menyerap 9,1 juta ton minyak sawit, dimana sekitar 3,8 juta ton diperoleh dari Malaysia dan negara-negara Afrika sisanya didapat dari Indonesia.

Dari total serapan sebanyak 9,1 juta ton minyak sawit tersebut, Amalia menjelaskan, sekitar 50% dipergunakan untuk bahan bakar biofuel sementara sisanya diserap untuk industri di Uni Eropa. “Ternyata EU adalah produsen biofuel di dunia,” katanya.

Setiap tahun konsumsi biofuel di Uni Eropa terus meningkat, sebelumnya pasokannya bukan berasal dari minyak sawit, namun sebagian besar dipasok dari rapeseed oil. Namun, lataran harga minyak sawit lebih ekonomis maka pasokan biofuel dari rapeseed oil terus menurun dan terganti dengan minyak sawit

Di tahun 2005 lalu bahkan pasokan rapeseed oil untuk biofuel tersalip oleh minyak sawit. Perlu diketahui, kata Amalia, rapeseed oil diproduksi oleh petani di Uni Eropa, sehingga guna meningkatkan daya saing mereka Uni Eropa mulai menerapkan kebijakan Renewable Energy Directived (RED) 2. “Selain isu lingkungan kebijakan tersebut ditengarai ada tekanan dari pihak petani rapeseed untuk mencegah impor minyak sawit,” katanya saat berbicara dengan InfoSAWIT belum lama ini di Jakarta.

Untuk pasar biofuel di dunia tercatat Indonesia adalah eksportir terbesar ke lima di dunia dengan panga pasar sekitar 7%, sementara eksportir utama biofuel di dunia diduduki Belanda dengan pangsa pasar mancapai 23%. “Mereka sekarang menikmati nilai tambah dari minyak sawit,” jelas Amalia.

Pasar biofuel juga tercatat terus meningkat utamnya di negara-negara Asia, Amerika Selatan dan bagian dunia lainnya. Pertumbuhan pasar biofuel saat ini tidak hanya terjadi di Uni Eropa. (T2)

Lebih lengkap baca Majalah InfoSAWIT Cetak Edisi Agustus 2019

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit