infosawit

Agro Andalan Rekrut Tenaga Kerja Putra Daerah Untuk Pabrik Kelapa Sawit



Agro Andalan Rekrut Tenaga Kerja Putra Daerah Untuk Pabrik Kelapa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA,– PT Agro Andalan (AAN) merealisasikan komitmennya untuk merekrut tenaga kerja lokal yang berasal dari desa-desa di sekitar perusahaan untuk bekerja di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik perusahaan perkebunan tersebut. Setelah sebelumnya merekrut 39 karyawan lokal untuk bekerja di PKS, pada hari ini Senin, 11 Novemer 2019, sebanyak 12 karyawan yang kesemuanya merupakan putra daerah Kabupaten Sekadau kembali menandatangani Perjanjian Kerja dengan pihak perusahaan.

Tenaga kerja lokal yang menandatangani Perjanjian Kerja tersebut berasal dari  Desa Setawar, Desa Nanga Pemubuh, Desa Boti, Desa Gonis Tekam, Desa Sungai Durian dan Desa Sungai Sambang.  

Senior Region Head Area 2 PT Agro Andalan, Mukhlis Amiruddin, mengatakan pihaknya menunjukkan komitmennya untuk melibatkan tenaga kerja lokal baik untuk perkebunan kelapa sawit maupun pabrik kelapa sawit yang baru diresmikan pada bulan Oktober 2019 lalu. Sampai saat ini, sebagian besar karyawan PKS PT AAN merupakan tenaga kerja lokal.

“Sejak beberapa bulan yang lalu, kami telah melakukan proses seleksi karyawan untuk PKS yang baru kami resmikan di Desa Setawar, yang memprioritaskan tenaga kerja lokal yang berada di desa-desa sekitar pabrik. Sebagian besar sudah bergabung sejak beberapa bulan lalu dan pada hari ini ada tambahan lagi karyawan untuk penambahan shift, yang semuanya pekerja lokal,” kata Mukhlis Amiruddin dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sampai dengan November 2019, PT AAN telah merekrut sebanyak 51  karyawan dari tenaga kerja lokal yang berasal dari desa sekitar PKS dan telah bergabung dengan perusahaan sejak bulan April 2019. Pekerja tersebut sebelumnya merupakan tenaga kurang terlatih yang kemudian dididik dan dilatih untuk menjadi operator PKS.

Mereka sebagian besar merupakan lulusan SMA dan sederajat yang diseleksi oleh tim PT AAN dan difasilitasi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian Kabupaten Sekadau dan Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau. Setelah proses rekrutmen, pekerja lokal tersebut akan menjalani on the job training selama 6 bulan dan kemudian diangkat sebagai karyawan.

Sebelumnya PT AAN juga mengirimkan  pelajar SMA dan SMK dari sekolah lokal di Kabupaten Sekadau untuk mendapatkan beasiswa di Institut Sekolah Tinggi Pertanian Yogyakarta dan semua telah bekerja di PKS tersebut.

“Kami berharap keberadaan perusahaan kami di Kabupaten Sekadau ini dapat memberikan manfaat bagi daerah, khususnya dalam menyediakan lapangan pekerjaan, sebagaimana komitmen kami dengan Bapak Bupati, Dinas terkait dan juga para kepala desa setempat,” tambah Mukhlis Amiruddin. 

Selain tenaga kerja untuk PKS, PT AAN juga telah merekrut lebih dari 400 karyawan untuk perkebunan kelapa sawit miliknya, yang sebagian besar merupakan tenaga kerja lokal yang berasal dari desa setempat. Di samping itu, PT AAN juga bekerja sama dengan lebih dari 800 petani plasma dan kemitraan yang ada di Kabupaten Sekadau. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit