infosawit

Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Mesti Dijaga



Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Mesti Dijaga

InfoSAWIT, JAKARTA - Adanya dugaan tata kelola sektor perkebunan kelapa sawit yang tidak baik, tidak lantas sektor kelapa sawit menjadi komoditas yang buruk. Terlebih faktanya sektor kelapa sawit telah menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar Indonesia saat ini. Kendati untuk pengembangan lahan kedepan tidak melulu mesti kelapa sawit, tetapi bisa mengembangkan komoditas lainnya.

Soal “kenakalan” yang ada di sektor  sawit memang cukup sulit untuk dijelaskan, itu perlu ada klarifikasi dari semua stakeholder dan kita bisa membuat penyanggahan terkait hal tersebut.

“Apalagi saat ini sektor sawit telah menjadi gantungan hidup bagi 6,7 juta KK, belum termasuk anggota keluarga lain semisal anak berarti angkanya bisa lebih tinggi,” tutur Sekretaris Direktorat  Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian RI, Antarjo Dikin, kepada InfoSAWIT disela-sela acara seminar di Jakarta belum lama ini.

Sejatinya sawit masih menjadi komoditas yang menarik walaupun saat ini harga minyak sawit masih rendah. Tetapi adaya kebijakan pengembangan energi alternatif biodiesel berbasis sawit, diharapkan mampu mendukung penyerapan minyak sawit Indonesia. “Sebab itu guna mendukung kebijakan tersebut komoditas ini perlu dijaga dengan baik, sehingga pasokan bisa berjalan dengan lancar, bila tidak dijaga maka dipastikan akan muncul kesulitan ditingkat pasokan,” tandas dia. (T2)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit