infosawit

Biodiesel Sawit 30% (B30) Dijamin Aman



Biodiesel Sawit 30% (B30) Dijamin Aman

InfoSAWIT, BANDUNG - Dikatakan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. (P3Tek KEBTKE), Sujatmiko, sejauh ini, pengujian secara keseluruhan menunjukkan hasil yang konsisten.

Kinerja kendaraan, mutu bahan bakar, pelumas, dan konsumsi bahan bakar yang menggunakan B30 nilainya konsisten dan tidak berbeda signifikan dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan B20. “Malah ada parameter emisi dan opasitas kendaraan berbahan bakar B30 memberikan hasil yang lebih baik,”kata Sujatmiko yang juga sebagai Koordinator Uji B30.

Lebih lanjut kata Sujatmiko, uji coba ini dilakukan sekaligus guna memberikan rekomendasi teknis terkait kandungan monogliseridanya, filter blocking dan kondisi bahan bakar pada saat cuaca dingin. “Sehingga laporan hasil uji coba tersebut menjadi lengkap,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Bandung.

Cara demikian juga guna menghindari terjadinya kondisi gagal pakai pada konsumen, yang berdampak pada membengkaknya ongkos pemeliharaan kendaraan yang menggunakan B30, termasuk kualitas yang kurang baik. “Dalam roadtest ini melibatkan 2 hal penting, yakni pertama aspek kendaraan dan kedua aspek bahan bakarnnya,” kata sujatmiko menjelaskan. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit