infosawit

Buktikan Sawit Ramah Lingkungan, 12 Anak Usaha Musim Mas Peroleh PROPER Hijau



Buktikan Sawit Ramah Lingkungan, 12 Anak Usaha Musim Mas Peroleh PROPER Hijau

InfoSAWIT, JAKARTA – Sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terintegrasi, Musim Mas, telah membuktikan bahwa pengelolaan industri kelapa sawit bisa dilakukan secara ramah lingkungan.

Terbukti sebanyak 12 anak usaha Musim Mas memperoleh PROPER Hijau untuk masa tahun 2019. Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) merupakan tolak ukur bagi industri yang menerapkan pengelolaan industri layak lingkungan. Penetapan ini dilakukan secara ketat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Adapun 12 anak usaha Musim Mas yang meraih PROPER Hijau antara lain PT Agrowiratama, PT Bahana Nusa Interindo, PT Berkat Sawit Sejati, PT Indomakmur Sawit Berjaya, PT Maju Aneka Sawit, PT Musim Mas PKS Batang Kulim, PT Musim Mas PKS Pangkalan Lesung, PT Sinar Agro Raya, PT Siringo Ringo, PT Sukajadi Sawit Mekar PKS SSM1, PT Sukajadi Sawit Mekar PKS SSM2, dan PT Unggul Lestari.

General Manager Musim Mas, Togar Sitanggang mengungkapkan, perolehan ini menjadi perjalanan penting bagi perusahaan yang telah mempublikasikan Kebijakan Keberlanjutan semenjak 2014. “"PROPER merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk menunjukkan kerja kerasnya dalam praktik pengelolaan dan kepedulian terhadap lingkungan," ujarnya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT.

Dalam penerapan prinsip berkelanjutan dalam operasional perkebunan kelapa sawitnya, Musim Mas mengikuti serangkaian standar lingkungan dan sosial melalui penerapan standar minyak sawit berkelanjutan seperti Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) dan Palm Oil Innovation Group (POIG).

Lebih lanjut kata Togar, penghargaan PROPER Hijau berdampak positif terhadap kegiatan bisnis perusahaan dengan meningkatnya efisiensi penggunaan sumberdaya dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di perusahaan. Itu sebabnya, Musim Mas terus berinovasi dan membuat terobosan kepada seluruh kegiatan operasional yang diharapkan menjadi praktek kerja yang baik di lingkungan perusahaan.

Tercatat, Musim Mas menjadi perusahaan sawit pertama di Indonesia yang bergabung dengan Roundtable on Sustainable Palm Oil  (RSPO) pada 2004. Lantas pada 2009 memperoleh sertifikat RSPO bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia, serta pada Oktober 2019, Musim Mas menjadi perusahaan pertama di dunia yang berhasil diaudit berdasarkan Principles and Criteria (P&C) Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) versi 2018.

Sementara itu pada sebelumnya pada 2012, perkebunan sawit Musim Mas menjadi yang pertama Bersertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit