infosawit

ISCC & ABN AMRO Gabung ke Aliansi Minyak Sawit “SUSTAIN”



SUSTAIN hadir semenjak September 2018
ISCC & ABN AMRO Gabung ke Aliansi Minyak Sawit “SUSTAIN”

InfoSAWIT, SINGAPURA – Belum lama ini Aliansi minyak sawit multistakeholder  SUSTAIN (Sustainability Assurance & Innovation Alliance), terdiri dari perusahaan-perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit, produsen produk konsumen, organisasi non-profit, dan pemimpin teknologi, memperolah anggota anggota baru yakni lembaga International Sustainability & Carbon Certification (ISCC) dan Bank pertanian asal Belanda, ABN AMRO.

Sebelumnya SUSTAIN dibentuk guna meningkatkan keterlacakan ke area produksi minyak sawit dan mempercepat implementasi kebijakan Tanpa Deforestasi, Tanpa Gambut dan Tanpa Eksploitasi (NDPE) di seluruh rantai pasokan yang kompleks.

Hingga saat ini anggota SUSTAIN terdiri dari Neste, Kao Corporation, Asian Agri dan Apical, bersama dengan tim fasilitasi CORE (Proforest dan Daemeter) dan mitra teknologi SAP.

Direktur Pelaksana ISCC, Andreas Feige mengungkapkan, ketertelusuran adalah kunci mutlak untuk menerapkan kebijakan Tanpa Deforestasi, Tanpa Gambut, dan Tanpa Eksploitasi. Sebagai standar keberlanjutan yang menuntut tidak ada deforestasi dari rantai pasokan yang sepenuhnya dapat dilacak. “Kami menghargai penekanan SUSTAIN dalam menggunakan teknologi blockchain terbaru untuk meningkatkan keterlacakan di industri dan mendukung upaya keberlanjutan," katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Kamis (16/1/2020).

Sementara, Kepala Komoditas Agri Asia Pasifik, ABN AMRO, Gregory Vandeler mengatakan, bekerja secara bersama di dalam aliansi seperti SUSTAIN akan membantu memajukan industri.

“Sebagai bank komoditas yang mendukung minyak sawit berkelanjutan secara eksklusif, kami dengan senang hati berkontribusi pada proposisi SUSTAIN sebagai konsorsium seluruh sektor yang dapat membawa kepentingan keberlanjutan bersama kami ke tingkat berikutnya dengan standar tinggi dalam keterlacakan,” katanya.

Lebih lanjuta tutur Vandeler, ABN AMRO ingin berbagi keahlian global dalam pembiayaan internasional, solusi keberlanjutan dan blockchain dengan SUSTAIN. “Kami berharap partisipasi kami sebagai lembaga keuangan pertama di SUSTAIN membuka jalan bagi keanggotaan lebih lanjut, karena kami berupaya mempercepat perubahan keberlanjutan yang diperlukan,” tandas dia. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit