infosawit

Sertifikasi Minyak Sawit Berkelanjutan RSPO FGV Ditangguhkan



Sertifikasi Minyak Sawit Berkelanjutan RSPO FGV Ditangguhkan

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR, MALAYSIA -  Merujuk hasil dari Komplain Panel Lembaga nirlaba multi stakeholder, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) menangguhkan proses sertifikasi RSPO untuk semua unit dari Felda Global Ventures Holdings (FGV Holdings) dan diterapkan kembali penangguhannya atas Kilang Sawit Serting milik FGV Holding karena ketidakpatuhan terhadap Keputusan Komplain Panel tertanggal 28 November 2018.

Komplain Panel, merupakan tim kerja independen yang terdiri dari para profesional dari industri minyak sawiut dan masyarakat sipil, telah meninjau laporan audit dan menemukan hasilnya tidak memuaskan. Seperti yang diarahkan oleh komplain panel, Sekretariat RSPO telah menginstruksikan lembaga sertifikasi untuk menunda kembali sertifikat Prinsip & Kriteria FGV untuk Kilang Sawit Serting dan sumber pasokannya, sesuai dengan Kriteria 4.12.6 Sistem Sertifikasi RSPO untuk Prinsip & Kriteria ( Juni 2017). Selain itu, semua pekerjaan untuk mencapai sertifikasi di unit manajemen FGV yang tidak resmi ditangguhkan.

Plt CEO RSPO, Bakhtiar Talhah mengatakan, semua anggota bertanggung jawab atas komitmen yang telah mereka buat sesuai Prinsip dan Kriteria RSPO. Pihaknya mengandalkan komplain panel untuk menegakkan aturan-aturan tersebut untuk memastikan kredibilitas RSPO.

“Adalah tugas semua anggota untuk memastikan bahwa hak asasi manusia dan buruh dilindungi dan semua arahan Komplain Panel harus dipatuhi dan diimplementasikan dalam jangka waktu yang diberikan. Ini adalah hal yang sangat penting bagi saya dan keanggotaan kami, dan kami harus tetap waspada agar masalah ini bisa segera tuntas,” katanya seperti dikutip InfoSAWIT, dari laman resmi RSPO.

Unit Investigasi dan Pemantauan (IMU) dari Sekretariat RSPO akan terus mengawasi dan meninjau laporan triwulanan yang diajukan oleh FGV Holdings. Pencabutan atas penangguhan dan sanksi, tergantung pada hasil perbaikan FGV Holding sesuai keputusan komplain panel, setelah melalui verifikasi audit dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi selama periode 13 Januari sampai 31 Juli 2020.

RSPO juga mencatat, terkait ketidakpatuhan lebih lanjut, komplain panel dapat mengambil tindakan tambahan yang diperlukan terhadap FGV Holdings sebagaimana diatur dalam Kriteria 12.9 dari Prosedur Pengaduan dan Banding. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit