infosawit

8 JURUS SAKTI MAJUKAN SAWIT NASIONAL



8 JURUS SAKTI MAJUKAN SAWIT NASIONAL

Harga jual minyak sawit mentah atawa CPO yang melandai selama 2 tahun ini, secara perlahan mulai mengalami kenaikan harga. Berdasarkan harga bursa Malaysia (14/10), kontrak pengiriman CPO untuk Januari 2020, senilai RM 2.343/Ton atau sekitar US$ 560/Ton. Tren meningkatnya harga CPO ini, juga mendorong tumbuhnya bisnis minyak sawit di tahun depan

Permintaan pasar negara tujuan ekspor akan produk minyak sawit mentah (CPO) dan turunanya, akan semakin meningkat setiap tahunnya, sejalan dengan dinamisasi perdagangan internasional. Terlebih, perdagangan bebas yang dilakukan, akan kembali mengerucut, kepada hubungan bisnis bilateral antar kedua negara, kendati ada payung perdagangan dunia dan regional.

Perdagangan internasional berbasis Free Trade Agreement (FTA) juga akan selalu diikuti dengan perjanjian perdagangan kawasan regional seperti CAFTA (China), AJCEP (Jepang), AIFTA (India) dan EU-ASEAN (Uni Eropa). Labih lanjut, hubungan dagang akan diperkuat kembali melalui jalur Prefential Tariff Agreement (PTA) antar kedua negara, dalam bisnis minyak sawit, terutama hubungan dagang antar produsen dan konsumen atawa eksportir minyak sawit.

Berbagai perjanjian ekonomi termasuk bisnis minyak sawit dan turunannya, bisa belajar dari berbagai persoalan perdagangan di masa lalu. Sem . .  .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit