infosawit

Urai Kendala Perdagangan Minyak Sawit, Indonesia Ajak India Tingkatkan Kerjasama Perdagangan



Pertemuan Mendag dengan Dubes India di Jakarta.
Urai Kendala Perdagangan Minyak Sawit, Indonesia Ajak India Tingkatkan Kerjasama Perdagangan

InfoSAWIT, JAKARTA – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto terus berupaya meningkatkan ekspor Indonesia ke pasar global. Setelah kunjungan kerja sebelumnya ke Australia dan Amerika Serikat, Mendag Agus melakukan kunjungan kerja ke India untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan menguatkan ekspor Indonesia ke India. Kunker ke India akan dilaksanakan pada 19-21 Februari 2020.

"Kunjungan kerja ke India kali ini akan membahas beberapa isu terkait peningkatan kerja sama kedua negara, antara lain peluang kerja sama dalam sektor konstruksi dan konektivitas, kerja sama di sektor rumah sakit dan farmasi, serta implementasi peraturan ekspor dan impor kedua negara," kata Mendag Agus dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT.

Pada pertemuan bilateral dengan Menteri Kereta Api, Perdagangan, dan Industri India H.E. Tuan Piyush Goyal, topik yang akan dibahas yaitu isu peraturan impor terbaru di Indonesia untuk gula mentah; peningkatan akses pasar produk Indonesia ke India; serta peraturan impor terbaru India untuk minyak kelapa sawit; beberapa hambatan perdagangan atas ekspor Indonesia.

Fokus lain yang juga diangkat adalah rencana penyelenggaraan forum Menteri Perdagangan Dua Tahunan (BTMF) ke-3 di Indonesia; serta finalisasi ToR Working Group Trade and Investment (WGTI) dan Working Group Trade Facilitation and Resolution (WGTFR).

Pada pertemuan dengan FICCI, Mendag Agus akan membahas peluang kerja sama di sektor rumah sakit dan farmasi dan membahas kembali kolaborasi industri dengan mendorong peluang konversi batu bara menjadi gas. Mendag Agus pada kunjungan kerjanya kali ini juga akan mengundang anggota CII dan FICCI untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2020.

Total nilai perdagangan Indonesia-India pada 2019 tercatat sebesar US$ 16 miliar. Ekspor Indonesia ke India periode yang sama tercatat sebesar US$ 11,78 miliar dan impor Indonesia dari India tercatat sebesar US$ 4,29 miliar. Surplus untuk Indonesia tercatat sebesar US$ 7,48 miliar. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit