infosawit

Generasi Muda Asia Komitmen Dukung Minyak Sawit Berkelanjutan



Generasi Muda Asia Komitmen Dukung Minyak Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, BANGOK - Untuk pertama kalinya KTT Pemuda Asia untuk Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan (Asian Youths for Sustainable Palm Oil Summit) diselenggarakan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), bekerjasama dengan Gerakan Masyarakat Stop Asap (PM Haze) dan German International Cooperation (GIZ) Thailand.

KTT perdana yang diadakan bersamaan dengan 17th Annual Conference on Sustainable Palm Oil (RT17) di Bangkok, berfokus pada peran pemuda Asia dalam meningkatkan permintaan minyak sawit berkelanjutan.

Terlebih merujuk dari survei yang dilakukan lembaga nirlaba World Wild Fund (WWF), sebanyak 50% dari semua produk penggunaan sehari-hari yang dibeli konsumen mengandung bahan baku minyak sawit atau turunannya.

Inilah yang menjadi alasan perlunya mendukung minyak sawit berkelanjutan yang diproduksi tanpa pembakaran, tidak ada penggundulan hutan, pengelolaan lahan gambut yang berkelanjutan, dan tidak ada eksploitasi sosial.

Dalam KTT ini para anak muda didorong untuk memperkuat kemampuan kepemimpinan dan mencari strategi guna membantu mengubah perilaku konsumen akhir dan bisnis, dari hanya sekadar komitmen menjadi sebuah tindakan nyata.

Tercatat ada sebanyak lima puluh orang muda dari Cina, India, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand berkumpul di Bangkok untuk menghadiri KTT Pemuda Asia untuk Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan.

Dari informasi yang didapat InfoSAWIT, setelah melakukan diskusi yang intens dan mengungkapkan argumen kritis dan produktif, para pemuda dari berbagai latar belakang sosial-budaya bersama-sama bekerja sama untuk menciptakan komitmen mereka menuju tanggung jawab bersama untuk membuat minyak sawit berkelanjutan sebagai norma.

Dalam kesempatan tersebut, para pemuda yang mewakili sekitar 4 miliar orang di wilayah Asia Tenggara dan Selatan berkomitmen bahwa kunci untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan terletak pada transformasi ekonomi.

Di mana transformasi ekonomi ini tidak dapat terjadi tanpa integritas. Para pemuda ini pun mengungkapkan upaya untuk para pebisnis kembali untuk membuktikan komitmen yang telah berjanji untuk melindungi lingkungan.

Karena sangat penting bagi bisnis untuk berubah terlebih dahulu sehingga semua dapat bergabung dalam gelombang perubahan. Ini investasi jangka panjang (jeda) akan mendorong loyalitas merek dan manfaat ekonomi.

“Ini akan menyatukan konsumen dan bisnis menuju tujuan bersama untuk masa depan yang berkelanjutan. Tidak ada waktu untuk siap, kita hanya harus berkomitmen dan mengerjakan tantangan bersama,” kata para pemuda dalam pernyataan bersama di sela-sela acara RT17 di Bangkok. (T2)

Lebih lengkap baca majalah InfoSAWIT cetak edisi Januari 2020

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit