infosawit

Manfaat Ganda Sertfikat Minyak Sawit Berkelanjutan Bagi Petani Swadaya



Manfaat Ganda Sertfikat Minyak Sawit Berkelanjutan Bagi Petani Swadaya

InfoSAWIT, JAKARTA -  Ketua Gabungan Kelompok (Gapoktan) Tani Tanjung Sehati, Jalal Sayuti menungkapkan, setelah lima tahun memperoleh sertifkat RSPO, telah banyak manfaat yang diterima. Tidak hanya berupa keuntungan dari penjualan, tetapi juga telah mendorong petani untuk terus memperkuat organisasi dan mengembangkan koperasi dengan membuka unit usaha lain. “Pendapatan kami meningkat, bahkan koperasi kami sedang membuka pembibitan, untuk tahap pertama sekitar 10 ribu kecambah,” katanya.

Cara demikian untuk membantu petani yang lahan perkebunan kelapa sawitnya akan diremajakan. Sehingga petani memperoleh kepastian bibit unggul yang dibelinya asli bukan abal-abal, selain ada kemudahan dalam proses pembelian. “Kami juga saat ini telah dipercaya sebagai salah satu lembaga untuk proses peremajaan sawit rakyat yang mendapat dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS),” katanya kepada InfoSAWIT.

Tercatat hingga saat ini Gapoktan Tanjung Sehati yang berlokasi di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Merangin, Kecamatan Tabir Selatan, Provinsi Jambi telah memiliki anggota sebanyak 412 petani dengan luasan sekitar 700 ha, atau meningkat 100% dibanding keanggotan pada periode lima tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 214 petani dengan luas lahan sekitar 300 ha. Lantas pada tahun 2018 lalu produksi  Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Gapoktan Tanjung Sehati mencapai 3.800 ton/tahun.

Hasil dari penjualan sertifkat RSPO kata Jalal, digunakan untuk pembiayaan sertifikasi dan biaya kegiatan, lantas untuk insentif pengurus dan anggota. “Kami juga mengembangkan usaha lain berupa jasa angkutan buah, sampai saat ini koperasi telah memiliki 3 armada truk, dan aset tanah seluas 2 seperempat ha” katanya.

Lebih lanjut Jalal berharap, Gapoktan yang dipimpinnya bisa menjadi petani yang professional dan mandiri. “Dengan adanya sertifikat RSPO pendapatan petani melonjak, serta kualitas sumberdaya manusianya juga meningkat,” tandas dia. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Cetak Edisi Januari 2020


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit