infosawit

Apkasindo Gorontalo, Desak Pelaku Usaha Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Pohuwato



Apkasindo Gorontalo, Desak Pelaku Usaha Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Pohuwato

InfoSAWIT, JAKARTA - DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, meminta kepada perusahan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Pohuwato untuk segera membangun pabrik kelapa sawit (PKS).

Kata Ketua DPD Apkasindo Gorontalo, Muhadjir Laindi, alasan mendesaknya pembangunan pabrik kelapa sawit tersebut lantaran, pertama tingkat produksi Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang terus meningkat, apalagi luas Ijin Usaha Perkebunan (IUP) dari masing-masing perusahaan pemegang Hak Guna Usaha (HGU) Perkebunan telah memenuhi syarat untuk pembangunan pabrik kelapa sawit.

Lantas  kedua, pembangunan pabrik itu juga untuk mengimbangi melonjaknya angka lulusan sarjana baru yang terus meroket di Kabupaten Pohuwato. “Mereka (lulusan sarjana) membutuhkan lapangan pekerjaan, bila ada pembangun pabrik kelapa sawit di Pohuwato tentu saja akan berdampak positif,” katanya kepada InfoSAWIT, via layanan Whatsapp, Kamis (19/3/2020)

Ketiga, bisa memberikan pendapatan terhadap masyarakat sekitar maupun wilayah sekitar Pohuwato. Lebih lanjut kata Muhadjir, luasan perkebunan yang ada di Kabupaten Pahuwanto sudah layak untuk segera dibangun pabrik kelapa sawit.

Dibandingkan dengan Kabupaten Boalemo dengan jumlah luasan kebun terbilang kecil dibanding di Pohuwato tetapi mampu membangun pabrik kelapa sawit. Sebab itu, kata Muhadjir, sudah saatnya di Kabupaten Pohuwato dengan luasan lahan perkebunan kelapa sawit yang cukup luas perlu segera dibangun pabrik kelapa sawit.

Pembangunan ini bisa dilakukan dengan berkolaborasi antara pelaku usaha dengan pemerintah daerah. “Guna menciptakan daya saing ekonomi yang berdampak positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah kita kabupaten Pohuwato,” tandas Muhadjir. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit