infosawit

22 Koperasi Sawit Mitra DSN Group Lakukan Pelatihan Guna Hadapi Era Industri 4.0



22 Koperasi Sawit Mitra DSN Group Lakukan Pelatihan Guna Hadapi Era Industri 4.0

InfoSAWIT, KUTAI TIMUR - Sebanyak 22 koperasi mitra perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group) di Kabupaten Kutai Timur mendapatkan pelatihan untuk menjadi koperasi mandiri yang berdaya saing di era Industri 4.0.

CSR Head Area 1 DSN Group, Kokok Budianto mengatakan, perusahaan memiliki komitmen untuk memperkuat kelembagaan koperasi, melalui progam We Love Koperasi sehingga keberadaan koperasi mitra dapat memberikan nilai tambah bagi anggotanya.

"Secara berkala kami memberikan pelatihan kepada koperasi-koperasi tersebut agar mereka dapat bersaing di era kompetisi seperti saat ini dan dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada anggotanya," kata Kokok Budianto dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (24/3/2020).

Dalam melakukan program pemberdayaan tersebut, DSN Group menggandeng antara lain Dinas Koperasi Kabupaten Kutai Timur di Sangatta, BPKM Kutai Timur dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bontang, Kalimantan Timur.

 Dalam menjalankan program Kemitraan, menurut Kokok, DSN Group memiliki falsafah bermitra yang mensyaratkan saling mendukung, saling ketergantungan dan saling menguntungkan.

Beberapa program pemberdayaan yang telah dilakukan DSN Group melalui Departemen CSR adalah peningkatan kapasitas Pengurus Koperasi dan Pengawas  dalam menjalankan organisasi Koperasi.

"Kami juga mrmbekali pengurus dan pengawas koperasi melalui pengetahuan  Mengelola bisnis Koperasi dengan Ilmu ilmu Management dan cara cara mendiversifikasi usaha usaha Koperasi," katanya.

Selain itu, pengurus dan pengawas koperasi juga dibekali dengan kemampuan IT agar melek teknologi internet, dimana saat ini koperasi sudah mampu melaporkan perkembangan usaha nya melalui system olnine yg diharuskan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal dalam bentuk Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

"Termasuk meningkatkan kemampuan pengurus dan pengawas memahami sytem perpajakan dan cara pelaporan online nya," katanya.

Kegiatan ini, tambah Kokok, sangat penting dengan harapan koperasi mitra DSN Group, mampu mengelola organisasinya sehingga memberi dampak yg baik bagi anggota. Di samping itu, masyarakat yang anggota  menjadi anggota koperasi, merasakan manfaat keberadaan koperasi.

"Koperasi juga membawa dampak bagi masyarakat yg non anggota, karena koperasi yg berjalan baik akan mampu mengumpulkan dana sosial yg dipergunakan utk membayar Iuran BPJS, memperbaiki jalan jalan pertanian yang ada di desa desa sekitar," katanya. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit