infosawit

Bupati Rokan Hulu Terbitkan Surat Edaran Pabrik Sawit Tetap Beroperasi



Bupati Rokan Hulu Terbitkan Surat Edaran Pabrik Sawit Tetap Beroperasi

InfoSAWIT, JAKARTA – Pada tanggal 2 April lalu, Bupati Rokan Hulu, Riau menerbitkan keputusan terkait operasional Pabrik Kelapa Sawit di wilayah tersebut. Ini dilakukan lantaran muncul isu ditutupnya beberapa pabrik kelapa sawit akibat adanya wabah virus corona (Covid19).

Di dalam surat keputusan yang didapat InfoSAWIT, Bupati Rokan Hulu memastikan bahwa pabrik kelapa sawit yang ada di Rokan Hulu tetap beroperasi kendati ada wabah covid19. Namun demikian tetap dilakukan tindakan waspada dengan menerapkan kebijakan yang sedapat mungkin memperkecil dampak negatif ekonomi ditingkat masyarakat.

Terlebih, masyarakat Rokan Hulu didominasi petani atau pekebun sawit baik sebagai pemilik atau buruh harian. “Sehingga penutupan pabrik kelapa sawit  akan mengakibatkan ribuan orang akan kehilangan penghasilan yang dapat menimbulkan permasalahan baru dan memperburuk keadaaan penanganan Covid19,” demikian catat surat keputusan tersebut.

Lantas dalam keputusan itu juga mencatat, setiap pabrik kelapa sawit yang memiliki perizinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk tetap beroperasi dan menerima Tandan Buah Segar (TBS) Sawit dari masyarakat, sebagaimana biasanya.

Dalam kebijakan tersebut, Bupati Rokan Hulu juga memastikan untuk tetap menghindari penyebaran covid19 di lingkungan pabrik kelapa sawit tetap menghimbau, setiap pabrik mesti menyusun dan melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) tata niaga TBS dil ingkungan pabrik guna menghindari adanya kerumunan, kontak langsung antar pekerja, serta memberikan ruang untuk tetap terlaksananya Physical Distancing.

Lantas, melakukan sterilisasi lingkungan kerja secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, mensosialisasikan covid19 kepada para pekerja, memerika kesehatan setiap pekerja dan orang-orang yang masuk ke lingkungan pabrik, memperbanyak tempat cucian tangan, penggunaan masker, hand sanitizer. “Serta perlengkapan kesehatan lainnya,” catat beleid tersebut. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit