infosawit

Smallholder Trainer Academy Perkuat Kompetensi Petani Sawit



Smallholder Trainer Academy Perkuat Kompetensi Petani Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Sejak diluncurkan secara resmi pada November 2019, Akademi Trainer Petani Sawit (Smallholder Traniner Academy/STA) RSPO telah melakukan empat sesi pelatihan di Medan dan Aceh, Indonesia; Accra, Ghana; dan Santa Marta, Kolombia, dengan melakukan training bagi 75 Pelatih Utama dari 27 organisasi.

Dikatakan Manajer Program Petani Sawit RSPO, Kertijah Abdul Kadir, hingga saat ini STA telah diterima dengan baik dan para pemangku kepentingan yang dihubungi merasa senang dengan inisiatif tersebut. Ini adalah platform penting lantaran membantu meningkatkan pelatihan petani sawit kecil dan pelibatan petani sawit secara global.

“Kami menyelesaikan kelompok pertama Pelatihan Trainer tahun lalu, yang terdiri dari empat sesi pelatihan di seluruh Afrika, Amerika Latin dan Asia Tenggara. Kami berencana untuk melakukan seri kedua awal tahun depan. Namun, ini juga tergantung pada kemajuan para Trainer di kelompok pertama, karena merekalah yang akan melakukan pelatihan di masa depan. Kita perlu memastikan mereka percaya diri dan cukup nyaman untuk melatih orang lain yang ingin menjadi Pelatih Utama,” katanya dikutip InfoSAWIT dari laman resm RSPO, belum lama ini.

Sementara itu lebih lanjut tutur Kertijah Abdul Kadir, guna mempromosikan STA, sejauh ini telah menggandeng organisasi dengan misi yang sama dan pemangku kepentingan yang tertarik melalui jaringan RSPO untuk menjadi mitra proyek.

“Kami juga telah menyiapkan bahan komunikasi yang didistribusikan di RT17 di Bangkok tahun lalu. Kami membagikan versi digital brosur kami dengan organisasi yang kami hubungi untuk kemitraan dan kami telah mengunggah brosur ke situs web RSPO. Selain itu, kami juga telah mengembangkan portal STA, yang diluncurkan pada Desember tahun lalu,” katanya. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit