infosawit

Petani Sawit FORTASBI Peroleh Insentif Minyak Sawit Berkelanjutan Hingga US$ 1,2 juta



Petani Sawit FORTASBI Peroleh Insentif Minyak Sawit Berkelanjutan Hingga US$ 1,2 juta

InfoSAWIT, JAKARTA - Pada awal tahun 2020 lalu, petani kelapa sawit swadaya yang tergabung dalam Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FORTASBI) berhasil mempromosikan kredit sertifikasi Roundtable on Sustainble Palm Oil (RSPO) milik petani swadaya dengan jumlah transaksi mencapai US$ 1,123 juta.

Dana tersebut dinikmati oleh 26 kelompok petani sawit swadaya dengan jumlah sebanyak 5.886 petani swadaya dengan luas lahan bersertifikat seluas 13.226 hektar (ha).

Jumlah tersebut memang tidaklah terlalu besar jika dibandingkan dengan jumlah produksi tandan buah segar (TBS)  yang dihasilkan petani swadaya, yakni, 259.259 ton/tahun. Karena jika dihitung, maka insentif yang diterima hanyalah sebesar US$ 4,3/ton saja.

Kendati demikian kredit sertifikasi tersebut telah memberikan dampak luar biasa bagi peningkatan perbaikan management kelembagaan, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan pendapatan keluarga petani anggota.

Salah satu kelompok petani swadaya di Provinsi Jambi menggunakan dana insentif itu untuk perlindungan sungai yang masuk dalam kawasan nilai konservasi tinggi (NKT). Dua kilometer sungai dilindungi sebagai zona perlindungan sejak tahun 2016. Perlindungan tersebut berdampak pada membaiknya kualitas hidup perempuan di sekitar desa, karena hampir setiap hari perempuan dan anak-anak memanfaatkan sungai untuk mandi dan cuci.

“Sejak kami membuat Lubuk Larangan di Sungai Pengabuan, kini ikan-ikan yang dulu hampir punah, kembali lagi. Seperti ikan semah, ikan baung dan udang gala. Tidak ada lagi orang menggunakan racun di sungai, dan desa-desa di hilir juga mendapatkan manfaat dari perlindungan sungai di Hulu,” ungkap Pak Zaudi, Kepala Desa Sei Rotan, dalam keterangan tertulis yang diterima InfoSAWIT.

Lebih lengkap, baca Majalah InfoSAWIT cetak Edisi Maret 2020

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit