infosawit

Gawat, Harga TBS Sawit Petani Saat Pandemi Covid-19 Terus Melorot



Gawat, Harga TBS Sawit Petani Saat Pandemi Covid-19 Terus Melorot

InfoSAWIT, JAKARTA -  Paska mewabahnya pandemi Covid19 di Indonesia Maret 2020 lalu, sedikit banyak telah mempengaruhi harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit petani, lantaran harga TBS Sawit petani terus melorot mengikuti turunnya harga minyak sawit (CPO) di dunia.

Dikatakan Kepala Bidang P2HP Dinas Perkebunan Sumatera Selatan, H Rudi Arpian, untuk harga TBS Sawit di Sumatera Selatan tecatat terus turun, bahkan untuk periode II Mei 2020 menjadi periode dengan harga terendah sepanjang tahun 2020 yang hanya mencapai Rp.1.285,97/Kg, sementara harga TBS Sawit tertinggi tahun 2020 terjadi pada periode II Januari 2020 yang mampu mencapai Rp. 2.022,29/Kg.

Lebih lanjut kata Rudi, situasi pandemi Covid-19 juga membuat produksi minyak sawit (CPO) secara nasional turun 0,9%, bersamaan dengan menurunnya konsumsi minyak sawit domestik sekitar 3,2%. “Ini berbarengan dengan turunnya harga CPO CIF Rotterdam dari US$ 722/ton pada Februari 2020 menjadi sekitar US$ 636/ton pada periode Maret 2020,” katanya dalam layanan Whatsapp, yang diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Volume ekspor juga tercatat lebih rendah 16,5 %, kondisi demikian kata Rudi lebih diakibatkan banyaknya negara-negara konsumen minyak sawit Indonesia yang terkena kebijakan Lockdown dalam memutus sebaran covid-19.

Tutur Rudi, akibat Pandemi Covid-19 semua Industri terganggu termasuk Industri di sektor Perkebunan, sebab itu tidak ada cara lain untuk bertahan selain melakukan efisiensi dan pemotongan ongkos produksi menjadi skala  prioritas.

“Palembang akan melakukan PSBB, Pembatasan Aktivitas bekerja ditempat kerja diwajibkan bekerja tidak lebih dari 5 jam per shift, kita harapkan pengecualian terhadap Pabrik Kelapa Sawit dan Pabrik Crumb Rubber, agar bisa bekerja normal 7-8 jam. Lantaran pembatasan waktu kerja tersebut akan berdampak pada operasional pabrik termasuk pembelian dan bongkar TBS sawit petani, yang faktanya membutuhkan waktu cukup panjang,” tandas Rudi. (T2)

Untuk InfoSAWIT berbahasa Inggris, buka: www.palmoilmagazine.com


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit