infosawit

Dikala Petani Sawit Swadaya Memenuhi Kebutuhannya Secara Mandiri



Dikala Petani Sawit Swadaya Memenuhi Kebutuhannya Secara Mandiri

InfoSAWIT, JAKARTA - Sejak berdiri sampai sekarang tabungan petani kelapa sawit yang tergabung dalam Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Karya Mandiri telah mencapai angka yang cukup fantastis yaitu sebesar Rp.7.606.525.710.

Agar uang ini terus berputar maka pengurus KSP mengembangkan sayap bisnisnya ke sektor pariwisata desa dengan membuat kolam renang. Saat ini, KSP juga sedang mempersiapkan pembangunan kantor permanen demi mempermudah kerja-kerja organisasi.

Dalam undang-undang nomor 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani telah mengatur secara jelas agar dunia perbank-kan jangan mempersulit petani dengan prosedur yang banyak.

Namun fakta dilapangan sampai sekarang masih ada petani yang kesulitan dalam mengakses keuangan perbank-an meskipun dengan jaminan kredit murah melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat). Sejujurnya petani itu ingin instan dan tidak mau bertele-tele. Hari ini mengajukan dan hari itu juga dananya harus cair.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka KSP Karya Mandiri melakukan terobosan dengan memberikan kemudahan kepada petani dalam hal peminjaman tanpa melalui birokrasi yang berbelit-belit. Sehingga petani pekebun skala kecil yang berasal dari desa-desa transmigrasi sawit yang terisolir dengan kondisi jalan yang tidak memadai banyak menjadi anggota. (T2)

Lebih lengkap baca majalah InfoSAWIT CETAK edisi Maret 2020 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit