infosawit

Target 500 Ribu Ha Peremajaan Sawit Rakyat dan Dukung Kemandirian Energi



Target 500 Ribu Ha Peremajaan Sawit Rakyat dan Dukung Kemandirian Energi

Awal Maret 2020 lalu, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) mengalami pergantian puncak pimpinan. Dono Boestami yang sebelumnya memimpin lembaga tersebut diganti oleh Eddy Abdurrachman.

Saat melantik Eddy, Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan pesan, bahwa lembaga yang akan dipimpin Eddy mesti memperhatikan pengelolaan dana BPDP-KS untuk program peremajaan sawit rakyat.

Ini sesuai dengan arahan Presiden RI, dimana program peremajaan sawit rakyat harus dilakukan untuk seluas 500 ribu hectare (ha) untuk kurun waktu tiga tahun. Dimana program ini diamanatkan sebagai salah satu fokus BPDP-KS.

Guna menyukseskan program tersebut, BPDP-KS dianjurkan menggandeng lembaga pembiayaan untuk peremajaan sawit dengan skim Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemerintah bahkan menjamin prosedur peremajaan kelapa sawit telah dipermudah, dari sebelumnya terdapat 14 syarat, menjadi 8 syarat. Selanjutnya, sesuai arahan Komite Pengarah agar dipermudah lagi menjadi 2 syarat.

Tak hanya masalah peremajaan sawit rakyat, Eddy juga saat memimpin diamanatkan untuk berperan dalam meningkatkan kemandirian energi dengan cara menggantikan bahan bakar fosil dengan bahan bakar terbarukan berbahan baku sawit. Melalui program Bauran Biodiesel 30% (B30), industri sawit bisa berperan dalam penghematan devisa melalui pengurangan impor solar senilai US$ 8 miliar/tahun.

Alasan dipilihnya Eddy menjabat, lantaran Eddy bukanlah orang baru di Kementerian Keuangan, lantaran Eddy mengawali karir di Departemen Keuangan semenjak tahun 1975 lalu....

Majalah InfoSAWIT Edisi Cetak April 2020 Rubrik People

 

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit