infosawit

Koperasi Simpan Pinjam Jamin Akses Keuangan Untuk Sawit Berkelanjutan



Koperasi Simpan Pinjam Jamin Akses Keuangan Untuk Sawit Berkelanjutan

Alternatif membangun ekonomi mandiri bagi petani kelapa sawit swadaya, faktanya mampu memberikan dampak positif. Beragam program pelatihan pun berjalan. Menyusul adanya peningkatan produktivitas dan melonjaknya ekonomi petani disamping untuk memenuhi kebutuhan petani lainnya.

Setelah mememilih untuk menerapkan ekonomi mandiri dengan membentuk koperasi simpan pinjam, telah mendukung beberapa program pelatihan yang dilakukan KSP Karya Mandiri. Kini program tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh beberapa anggota.

Bagi KSP, Pencairan dana bagi anggota dalam bentuk pinjaman tidak bisa dikerjakan hanya menunggu pengembalian dana melainkan adanya pembinaan bagi petani agar mereka mampu mengelola dana tersebut secara baik. Beberapa manfaat dari program ini antara lain diantaranya:

 

Pelatihan Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Usaha Inovasi Petani

KSP Karya Mandiri memiliki peran penting dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota untuk membangun ekonomi mandiri. Antara lain melalui pelatihan-pelatihan kewirausahaan, budidaya tanaman pangan, ternak, pembuatan pupuk kompos, kripik, serta budidaya ikan. Petani yang mengikuti pelatihan tidak langsung dibiarkan begitu saja namun akan terus didampingi oleh pengurus KSP Karya Mandiri agar ilmu yang didapatkan bisa dipraktekan secara tepat. Berhubung mayoritas anggota KSP adalah petani, maka di sektor perkebunan juga diadakan pelatihan Good Agricultural Practises demi meningkatkan produktivitas petani, dan pelatihan tersebut berhasil meningkatkan produktivitas petani dari yang dulunya hanya 14 ton per ha menjadi 17 ton per ha setiap tahun. Selain itu terjadi kenaikan pendapatan melalui penjualan hasil TBS (Tandan Buah Segar). Pelatihan ini juga didukung oleh program unggulan lain seperti pengadaan pupuk dan herbisida dari KSP Karya Mandiri.

Majalah InfoSAWIT Edisi Cetak Maret 2020 Rubrik Ekspose

 

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit