Ini syarat Supaya Tanaman Sela di Sawit Bisa Membuat Pendapatan Petani Melesat

oleh -6452 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ILustrasi Kebun Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA –  Pada penelitian yang dilakukan  Edi Werdiana dan Zainal Mahmud yang dilakukan tahun 2003 silam, menganjurkan memilih tanaman sela di perkebunan kelapa sawit yang tepat, diawali dengan mengenal karakteristik tanaman sela, seperti tidak lebih tinggi dari tanaman kelapa sawit selama periode pertumbuhan dan sistem perakaran dan tajuknya menempati horizon tanah dan ruang di atas tanah yang berbeda.

Lantas tanaman sela tidak merupakan tanaman inang bagi hama dan penyakit kelapa sawit dan tidak lebih peka dari tanaman kelapa sawit terhadap serangan hama dan penyakit tersebut.


Pengelolaan tanaman sela tidak menyebabkan kerusakan tanaman kelapa sawit atau menyebabkan terjadinya erosi atau kerusakan tanah. Sesuai untuk diusahakan pada ketinggian 0-500 m dpl, dengan curah hujan 1.500-3.000 mm/tahun dan bulan kering maksimal 3 bulan berturut-turut.

BACA JUGA: 

Tanaman sela mesti toleran terhadap naungan dengan intensitas radiasi surya mencapai 50-200 Wm2, suhu rata-rata 25-27° C dan kelembaban lebih dari 80%. Berdasarkan kriteria tersebut, jenis tanaman sela yang berpeluang untuk diusahakan di bawah pohon kelapa serta persyaratan iklim yang diperlukan dapat  dilihat pada tabel tanaman sela dan persyaratan yang dikehendaki.

Dengan demikian sudah menjadi jelas, bahwa menanam tanaman sela diantara pohon sawit sangat dimungkinkan, hanya saja memilih tanaman mesti sesuai dengan yang dianjurkan. Dengan menanam tanaman sela selain didapat beragam hasil pertanian juga mampu menggenjot pendapatan petani, sehingga bisa menghasilan cuan selangit. Selamat mencoba!! (T2)

Lebih lengkap baca Majalah InfoSAWIT edisi Mei 2014

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Tinggalkan Balasan