Volume Minyak Sawit Berkelanjutan Capai 19% dari Total Produksi CPO Di Dunia

oleh -1852 Dilihat
infosawit
Dok. ANJ

InfoSAWIT, JAKARTA – Penerapan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) bersifat sukarela, lantaran inisiatif sertifikasi ini muncul atas kebutuhan konsumen minyak sawit, dalam upaya mendorong praktik perkebunan kelapa sawit yang tidak merusak lingkungan.

Diungkapkan, Deputy Director of Market Transformation (Indonesia) RSPO, M. Windrawan Inantha mengatakan, dari 5.312 anggota RSPO, baru bisa mensertifikasi 19 persen dari total volume kelapa sawit di dunia. “Yang disertifikasi di seluruh dunia ada 4,6 juta hektare,” kata Windrawan seperti dilansir Antara.

Kata Windrawan menambahkan, angka 19 persen di dunia tersebut sama dengan angka yang ada di Indonesia. Pasalnya, Indonesia merupakan produsen terbesar sawit di dunia.

BACA JUGA: SLKS Jadi Jalan Petani Sawit Swadaya Karya Serumpun Peroleh Sertifikat RSPO

Meski demikian, Windrawan mengakui jika perkembangan industri sawit berkelanjutan di Indonesia cukup menggembirakan, terutama dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB) 2019-2024.

“Instruksi presiden yang memberikan perintah kepada kementerian, lembaga yang memiliki hubungan dengan industri sawit guna melakukan beberapa prioritas pekerjaan rumah dalam bentuk Inpres. Jadi sangat kuat,” ujar Windrawan. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com