Edy Rahmayadi Sebut Manfaat Sawit Tak Sebanding Diterima Provinsi Sumut

oleh -10586 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, saat membuka acara pengukuhan Pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Sumut di Medan, Rabu (5/7/2023).

InfoSAWIT, MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi menekankan bahwa meskipun industri sawit merupakan penyumbang devisa terbesar bagi Sumatera Utara, manfaat yang diterima oleh provinsi tersebut tidak sebanding.

“Industri sawit telah merusak infrastruktur jalan di Sumatera Utara. Tercatat lebih dari 3.000 kilometer jalan provinsi di Sumatera Utara mengalami kerusakan, termasuk di banyak sentra sawit,” katanya saat membuka acara pengukuhan Pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Sumut di Medan, dihadiri InfoSAWIT, Rabu (5/7/2023).

Sebab itu Edy meminta pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), termasuk Cabang Sumatera Utara, untuk tidak merasa tersinggung atau menganggap bahwa Gubernur Sumatera Utara sedang marah-marah.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 5 Juli 2023 Kembai Turun Rp 123/kg

Ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin berpura-pura dengan memberikan ucapan selamat kepada pengurus GAPKI jika kondisinya tidak memadai. Gubernur ingin berbicara dengan jujur tentang apa yang bisa dilakukan dari sektor sawit untuk kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara.

Edy meminta kepada Ketua Umum GAPKI, Edi Martono, untuk menyampaikan ke Jakarta agar devisa dari industri sawit juga dialokasikan untuk pembangunan di Sumatera Utara. Gubernur juga mengungkapkan kesulitan yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam membayar gaji guru honorer akibat keterbatasan dana. Ia mengkritik kurangnya kolaborasi yang seharusnya terjalin antara pemerintah daerah dan pengusaha kelapa sawit.

BACA JUGA: Harga Minyak Sawit Di Bursa Malaysia Naik, Adanya Kekhawatiran Stok

Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum GAPKI, Edi Martono, Sekretaris Jenderal Muhamad Hadi Sugeng, Mukti Sarjono, serta pengurus lainnya. Selain itu, sejumlah pimpinan dan pengurus GAPKI dari cabang lain juga turut hadir, seperti Edy Rusmawanto dari Jambi dan M. Djafarsyah dari Kalimantan Timur. Dari jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), hadir Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lies Handayani Siregar, serta Kepala Biro Perekonomian Naslindo Sirait. Para pengurus atau pimpinan asosiasi petani sawit di Sumatera Utara juga turut hadir, antara lain Syarifudin Sirait (Ketua DPD I Aspek-PIR), Gus Dalhari Harahap (Apkasindo), dan Indra Muda Pasaribu (SAMADE). (T5)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT Sumatera dengan judul © Berita Sawit- Gubsu Edy Rahmayadi Curhat di Acara Pengukuhan GAPKI Sumut

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com