Supaya Performa Mesin tetap Optimal Saat Gunakan Biodiesel B35, Berikut yang Perlu Dilakukan..

oleh -1618 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT, JAKARTA – PT Pana Oil Indonesia, produsen pelumas otomotif dan industri, memberikan edukasi kepada para pengguna bahan bakar biodiesel 35% (B35) agar kinerja mesin dan alat berat, khususnya di sektor pertambangan, tetap optimal.

Managing Director PT Pana Oil Indonesia, Raymond Widjaja mengatakan, implementasi campuran biodiesel 35% ke solar  (B35) masih relatif baru. Oleh sebab itu, PanaOIL merasa perlu memfasilitasi edukasi tentang B35 kepada para pengguna, khususnya pengguna alat-alat berat di sektor pertambangan.


Dia berharap agar Pana Talk kali ini tentang B35 dapat memberikan edukasi sekaligus solusi atas beberapa keluhan yang sering disampaikan para pengguna akibat dari penggunaan bahan bakar biodiesel dengan kadar fatty acid methyl ester (FAME) sebesar 35% ini.

BACA JUGA: Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Pada Paruh Kedua 2023 Naik lebih 2 Persen

“Sebagai produsen pelumas dalam negeri, PanaOIL siap menerima kebijakan mandatory B35. Pana Oil aktif memberikan edukasi tentang B35 kepada para pengguna. Penjelasan dari para expert dan praktisi ini diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang B35 sehingga dapat menjaga performa mesin dan alat berat tetap optimal,” ujarnya dalam keterangan diterima InfoSAWIT, Rabu (30/8/2023).

Raymond menambahkan, selain edukasi, PanaOIL juga terus melakukan riset untuk menghasilkan solusi dalam meningkatkan kinerja mesin dan peralatan dari pelanggannya, khususnya di sektor pertambangan.

B35 merupakan bauran 65% solar dan 35% biodiesel dari FAME. Pemerintah mewajibkan B35 sejak 1 Februari 2023 dan diimplementasikan secara serentak di dalam negeri per 1 Agustus 2023.

BACA JUGA: Mentan Syahrul Yasin Limpo: Kita Berpihak Kepada Petani Adalah Kewajiban

Sejak diterapkan, pengguna B35 menyampaikan beberapa keluhan, seperti lebih sering servis filter bahan bakar, banyaknya deposit/kontaminan dikarenakan pelumas,  kadar air dalam B35, konsumsi bahan bakar lebih boros, dan lainnya.

Director B2B PT Pana Oil Indonesia Effendy Liemuel menegaskan juga bahwa, dalam sesi Pana Talk with Expert, para pakar dan praktisi secara tegas menyampaikan bahwa tidak ada kaitan langsung antara pelumas dengan performa mesin yang menggunakan bahan bakar B35. Akan tetapi, lanjutnya, untuk menjaga kinerja mesin, terutama alat berat, para pengguna B35 perlu lebih rutin melakukan pemeliharaan.

“Kami menyadari bahwa teknologi baru selalu memiliki tantangan. Pandangan pakar dan praktisi sangat clear, bahwa B35 tidak ada kaitan langsung dengan penggunaan pelumas mesin,” tutur Effendy. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com