Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Turun RM 52 Per ton Pada Selasa (5/9)

oleh -3281 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Pelabuhan Khusus Ekspor CPO.

InfoSAWIT, JAKARTA – Harga minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Berjangka Malaysia dibuka lebih rendah pada Selasa, (5/9/2023), tercatat turun untuk sesi kedua berturut-turut lataran melemahnya harga minyak nabati lain yang diperdagangkan di Bursa Dalian dan Chicago Board of Trade (CBOT).

Dilansir Reuters, Harga kontrak acuan minyak sawit berkode (FCPOc3) untuk pengiriman November 2023 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun RM 52, atau terdapat penurunan sekitar 1,28%, menjadi RM 3,935 (US$ 845,15) per metrik ton di awal perdagangan.


Lantas harga kontrak minyak kedelai di Bursa Dalian berkode DBYcv1, turun 0,78%, sementara kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 turun 1,30%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 turun 0,9%.

BACA JUGA: Pemerintah Diminta Fokus Menata Kebijakan Minyak Goreng Sawit

Sementara untuk output di negara produsen minyak sawit terbesar kedua di dunia, Malaysia, diperkirakan meningkat sebesar 6,83% menjadi 1,72 juta metrik ton, tertinggi sejak bulan November.

“Produksi semakin meningkat dan mungkin akan mencapai puncaknya pada bulan Oktober sebelum awal musim hujan,” kata Direktur Broker Pelindung Bestari yang berbasis di Selangor, Paramalingam Supramaniam dilansir The Edge Malaysia.

BACA JUGA: El-Nino Munculkan Kekhawatiran Pasokan Minyak Sawit, Harga Diprediksi Masih Menguat

Untuk impor minyak nabati India pada bulan Agustus naik 5 % ke rekor 1,85 juta metrik ton karena pabrik penyulingan membeli lebih dari 1 juta ton minyak sawit selama dua bulan berturut-turut untuk menambah stok untuk hari kebesaran agama mendatang. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com