Stok Minyak Sawit Malaysia Lampaui 2 Juta Ton, Tertinggi Dalam Dua Tahun Terakhir

oleh -3019 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Crude Palm Oil (CPO).

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Persediaan (stok) minyak sawit di Malaysia tercatat melonjak hingga melebihi 2 juta ton, dan menjadi yang tertinggi dalam dua tahun terakhir, akibat adanya perkiraan tingkat produksi yang kuat dan melemahnya kegiatan ekspor di negeri Jiran tersebut.

Merujuk laporan Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB), pada Agustus 2023, stok minyak sawit melonjak 23% dibanding bulan sebelumnya menjadi 2,12 juta ton, menjadi kenaikan bulanan terbesar sejak Agustus 2021 dan tertinggi sejak Januari.

Bahkan melampui survey perkiraan stok minyak sawit Malaysia yang dilakukan Bloomberg yang mencapai 1,90 juta ton.

BACA JUGA: BRICS Buka Peluang Perdagangan Minyak Kelapa Sawit Lebih Adil

Diungkapkan Kepala Riset Sunvin Group yang berbasis di Mumbai, Anilkumar Bagani, peningkatan stok ini sangat mengejutkan dan jelas memberikan dampak negatif terhadap minyak sawit. Lantaran stok akhir meningkat dengan jumlah yang “mengejutkan”, dibandingkan pada Juli. “Karena ekspor turun dan konsumsi domestik turun 27% menjadi sekitar 251,000 ton,” katanya dilansir Bloomberg.

Sementara produksi minyak sawit mentah (CPO) naik 8,9% ke level tertinggi dalam 10 bulan terakhir menjadi sebanyak 1,75 juta ton, dibandingkan dengan prediksi survei Bloomberg yang mencapai 1,73 juta ton. Laporan MPOB menunjukkan produksi Malaysia naik untuk bulan kedua di bulan Agustus, setelah naik 11,2% di bulan Juli. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com