Harga TBS Sawit Aceh Pada Mei 2024 Berkisar Rp 1.700 hingga Rp 1.800 per kilogram

oleh -2951 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Sawit Fest 2021/Foto oleh: Faiyaz Titan Hasibuan/ Petani sawit memasukkan TBS ke mobil angkut

InfoSAWIT, ACEH – Medio Mei 2024, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mengalami penurunan di berbagai tingkatan, baik di tingkat petani, agen pengepul, maupun pabrik. Fenomena ini sudah terjadi beberapa kali, memberikan dampak signifikan bagi para pelaku industri kelapa sawit di wilayah tersebut.

Adi Syahputra (30), seorang petani dari Desa Balai, Kecamatan Sungai Iyu, mengungkapkan bahwa saat ini harga TBS di wilayah pesisir berkisar antara Rp1.700 hingga Rp1.800 per kilogram. Harga ini telah bertahan selama sepekan terakhir. “Pada medio Maret-April 2024, harga TBS di wilayah pesisir Sungai Iyu hampir mencapai Rp2.000 per kilogram. Namun, memasuki bulan Mei 2024, harga TBS mulai turun perlahan,” jelas Adi pada Senin (20/5/2024). Meskipun harga mengalami penurunan, Adi merasa bersyukur karena harga TBS masih berada di atas Rp1.500 per kilogram.

Samuri, seorang agen TBS sawit di wilayah hulu Aceh Tamiang, juga menyatakan bahwa harga jual TBS di pabrik kelapa sawit (PKS) terus mengalami penurunan sejak sepekan terakhir. “Harga TBS di pabrik turun dari Rp2.000 lebih menjadi Rp1.950 per kilogram,” kata Samuri. Sebagai pemilik Ram TBS skala besar di wilayah Tenggulun dan Bandar Pusaka, Samuri tetap membeli TBS dari petani dengan harga tertinggi yang tidak jauh berbeda dari harga PKS. “Walaupun di PKS turun, kami sesuaikan harga. Terkadang, jika buah bagus, kami beli sama dengan harga pabrik,” tambahnya.

BACA JUGA: Walhi Aceh Prihatin Pencemaran Sungai Singgersing Akibat Land Clearing Perkebunan Sawit

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan (Distanakbun) Aceh Tamiang, Edwar Fadli Yukti menyatakan, bahwa laporan penetapan harga TBS dari dinas perkebunan provinsi Aceh untuk pekan ini belum diterima oleh dinas kabupaten. Namun, berdasarkan daftar harga pembelian TBS di PKS wilayah Aceh Tamiang pada 17 Mei 2024, harga bervariasi.

“Harga jual TBS tertinggi dari 12 PKS yang ada di Aceh Tamiang adalah di PKS Mora Niaga Jaya, berkisar antara Rp1.880 hingga Rp2.380 per kilogram untuk petani atau perkebunan mitra. PKS Pati Sari, Parasawita, Sisirau, Betami, Bumi Tamiang Sentosa, Tri Agro Palma Tamiang, PTPN 1 Unit Pulau Tiga, dan PTPN 1 Tanjung Seumantoh memiliki harga yang bervariasi dari Rp1.990 hingga Rp2.220 per kilogram,” jelas Edwar dilansir InfoSAWIT dari laman resmi pemprov Aceh ditulis Selasa (21/5/2024).

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Sumsel Periode II-Mei 2024 Turun Rp 93,39/Kg Cek Harganya..

Tercatat, terdapat dua pabrik yang tidak beroperasi, yakni PKS Bumi Sama Ganda dan Bima Desa Sawita. Sementara itu, PKS Socfindo Sungai Liput tidak menerima buah sawit dari luar. “Pekan lalu, harga di tingkat petani swadaya dilaporkan Rp1.750 per kilogram, dan harga di tingkat pengumpul (agen) Rp1.950 per kilogram,” tutur Edwar. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com