325 Petani Sawit Swadaya Anggota KUD Tri Daya Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

oleh -1398 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/ Kartu jaminan BPJS ketenagakerjaan tersebut diserahkan kepada para petani sawit swadaya pada saat Pembukaan Sawit Expo yang digelar pada 8 Juni 2024.

InfoSAWIT, KOTIM – Koperasi Unit Desa (KUD) Tri Daya, yang merupakan satu-satunya koperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah memiliki sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), terus memperkuat layanan bagi anggotanya, yaitu para petani sawit swadaya.

Baru-baru ini, sebanyak 325 petani sawit swadaya di bawah naungan KUD Tri Daya menerima Jaminan Kecelakaan Kerja dari Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Jaminan ini disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai bentuk dukungan terhadap kesejahteraan para petani.

“Dengan adanya jaminan ini, petani jadi merasa aman dan nyaman saat bekerja di kebun,” ujar Manajer ICS Sertifikasi KUD Tri Daya, Rohmat dalam informasi diperoleh InfoSAWIT ditulis Jumat (14/6/2024).

BACA JUGA: BPDPKS Umumkan 73 Proposal Lolos Seleksi dalam Program Grant Riset Sawit 2024

Ia menambahkan bahwa beberapa potensi kecelakaan kerja yang umum terjadi di kebun sawit antara lain jatuh dari motor saat membawa tandan buah segar (TBS) sawit atau tertimpa TBS sawit yang jatuh dari pohon.

Namun, Rohmat menegaskan bahwa adanya jaminan kecelakaan kerja ini bukan berarti petani bisa mengabaikan penerapan sistem perkebunan yang baik dan keselamatan kerja. “Penggunaan standar Alat Pelindung Diri (APD) harus tetap dilakukan,” tegasnya.

Jaminan kecelakaan kerja ini lebih sebagai langkah antisipasi atau pencegahan yang diberikan kepada petani melalui Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit yang diterima pemerintah kabupaten.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Inacom Turun Tipis Pada Kamis (13/6), Terseret Penurunan Harga Minyak Nabati Lain

Kartu jaminan tersebut diserahkan kepada para petani pada saat Pembukaan Sawit Expo yang digelar pada 8 Juni 2024. Petani yang menerima subsidi ini mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan merasa lebih terlindungi selama menjalankan aktivitas di kebun atau di kelompok tani. “Dengan adanya jaminan ini, petani merasa terlindungi dari saat berangkat hingga pulang ke rumah,” ungkap Rohmat.

KUD Tri Daya terus berupaya memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya, sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan yang diusung melalui sertifikasi ISPO dan RSPO. Upaya ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi koperasi lain di Indonesia dalam memberikan layanan terbaik bagi para petani sawit swadaya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com