Pengembangan Bibit Sawit Anti Ganoderma Terus Dilakukan KGSI

oleh -351 Dilihat
InfoSawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT, JAKARTA –  Para peneliti bibit sawit terus berupaya dalam meningkatkan ketahanan sawit terhadap beragam penyakit, ssalah satunya panyakit ganoderma yang telah menjadi bahaya laten bagi perkebunan kelapa sawit nasional.


Sebab itu, Konsorsium Genom Sawit Indonesia (KGSI), yang terdiri dari lima perusahaan sawit yakni PT Astra Agro Lestari Tbk., PT Binasawit Makmur (PT Sampoerna Agro Tbk),  Panca Surya Garden (PT Surya Dumai), PT London Sumatra Indonesia Tbk., dan Timbang Deli Indonesia dibentuk untuk mencegah penyebaran ganoderma via bibit sawit yang tahan penyakit tersebut.

Sebab itu para peneliti bibit sawit dari lima perusahaan tersebut pada 28-29 Juni 2022 lalu bertemu di Bah Lias Research Station, Bandar-Simalungun, Sumatra Utara, untuk melakukan kerjasama penelitian.

BACA JUGA : KGSI Lakukan Pengembangan Bibit Sawit Anti Ganoderma

Diungkapkan Direktur PT Sampoerna Agro Tbk., Dwi Asmono, pembentukan KGSI merupakan langkah kerjasama dalam pengembangan dan implementasi bioteknologi di sektor sawit.

“Pada tahap pertama, 2022-2024, akan memberi fokus pada riset Genome Wide Association Studies (GWAS) dalam mengidentifikasi lokus genetik yang berasosiasi dengan ketahanan terhadap Ganoderma,” ungkapnya dikutip InfoSAWIT, dalam facebook pribadinya..  

Lebih lanjut tutur Dwi Asmono yang juga sekaligus sebagai Consortium Board KGSI, dirinya merasa bangga dengan para peneliti-peneliti muda yang progresif yang percaya diri untuk menyangga competitivess industri sawit Indonesia dari sisi teknologi. “Juga semangat untuk berkolaborasi, kendati ada sisi kompetisi,” tandas Dwi. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com